Kehebohan Beragama Belum Menjadi Jalan Kebudayaan

Kehebohan beragama belum menjadi jalan pembebasan menuju kerja bersama seluruh elemen bangsa mewujudkan peradaban dan kehidupan yang lebih baik di semua aspek kehidupan.

 Siti Musdah Mulia (antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Siti Musdah Mulia (antaranews.com)

Solopos.com, SOLO – Kesemarakan beragama di Indonesia, yang bahkan sangat layak disebut kehebohan beragama, belum menjelma menjadi jalan kebudayaan. Kehebohan beragama itu belum menjadi jalan pembebasan menuju kerja bersama seluruh elemen bangsa mewujudkan peradaban dan kehidupan yang lebih baik di semua aspek kehidupan.

Demikian pendapat aktivis, pemikir, dan doktor serta akademisi di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Siti Musdah Mulia, ketika menjadi pembicara tunggal dalam Sutan Takdir Alisjahbana Memorial Lecturer 2021 pada Kamis (21/2021) pukul 15.30 WIB-17.30 WIB.

Espos Plus

Espos Plus merupakan layanan khusus dari Solopos.com yang lebih relevan dan memiliki diferensiasi dibandingkan free content. Espos Plus menyediakan akses khusus yang menawarkan kenyamanan kepada anda dalam membaca berita tanpa gangguan iklan. Untuk membaca artikel ini selengkapnya silahkan login atau daftar serta berlangganan di SoloposID.

Subscribe Espos Plus

Keuntungan menjadi Peserta program Espos Plus Vaganza adalah berkesempatan mendapatkan hadiah utama satu unit mobil serta ratusan hadiah lainnya dengan cara berlangganan paket Espos Plus di bawah ini.

Gratissss!

Bronze

Durasi 7 Hari

Undian e-Money

.

.

Rp.5.000

Gratis !!!

Subscribe

Silver

Durasi 1 Bulan

Undian e-Money

.

.

Rp.20.000

Rp.15.000

Subscribe

Gold

Durasi 6 Bulan

Undian e-Money

Undian Emas Batangan

.

Rp.120.000

Rp.75.000

Subscribe
Best Value

Diamond

Espos Plus durasi 1 Tahun

Undian e-Money

Undian Emas Batangan

Espos Plus Vaganza Mobil

Rp.240.000

Rp.120.000

Subscribe

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Terpopuler Hari Ini

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Ini 20 Ramalan Jayabaya Terjadi di Tahun 2022

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa di tahun 2022 atau zaman kalasurata ini, akan terjadi kiamat kubra.

Viral Surat Ibu Novia Widyasari ke Kapolres Mojokerto, Ini Isinya

Ibunda Novia Widyasari mengirim surat kepada Kapolres Mojokerto yang isinya menegaskan anaknya depresi dan menolak jasadnya diautopsi.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Meletus, Merapi & 2 Gunung Lain Siaga

Peristiwa Gunung Semeru meletus memengaruhi kondisi tiga gunung berapi lain termasuk Merapi yang saat ini berada dalam status siaga.

Tersesat di Merbabu, Pendaki WNA Hangatkan Diri dengan Daun Kering

Sebelum ditemukan dalam kondisi selamat di Blok Tulangan di lereng Gunung Merbabu, pendaki WNA asal Ukraina mengalami kedinginan sehingga ia menghangatkan badannya dengan daun kering.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Pembuang Bayi di Nguter Sukoharjo Tertangkap, Bagaimana Nasib Pacarnya?

Polres Sukoharjo masih terus menggali informasi dari pelaku pembuang mayat bayi di Nguter, termasuk soal kekasih yang menghamili dan tidak mau bertanggung jawab.

Kronologi Penangkapan Siskaeee, Wanita Pamer Genitalia di Bandara YIA

Aparat Polda DIY menjelaskan kronologi penangkapan Siskaeee, perempuan yang diduga merekam dengan video aksi ekshibisionisme di Bandara YIA, Kulonprogo, dan viral di medsos.

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Jadi Penyebab Pacar Bunuh Diri, Kadiv Humas: Bripda Randy Pasti Dipecat

Tidak hanya itu, kata Dedi, Bripda Randy juga akan diproses pidana sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

Tiga Warga Boyolali Jadi Korban Pengeroyokan di Colomadu Karanganyar

Tiga warga asal Boyolali mengalami luka-luka akibat keributan yang terjadi di Cafe Jazz, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (4/12/2021) malam.

Cerita Kampung Renteng Jadi Lautan Debu, Tertimbun Abu Gunung Semeru

Kampung Renteng i Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lautan debu akibat tertimbun abu vulkanik erupsi Gunung Semeru.

Diperiksa Polda DIY Gara-Gara Video Vulgar di YIA, Apa Status Siskaeee?

Terduga pemeran video tak senonoh yang terjadi di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) beberapa waktu lalu,  tiba di Polda DIY, Minggu (5/12/2021) untuk menjalani pemeriksaan.

Inilah Penyebab Gunung Semeru Meletus

Badan Geologi menduga Gunung Semeru meletus akibat curah hujan yang membuat kondisi endapan lava tidak stabil.