SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi dibuang (JIBI/Solopos/Dok.)

Kehamilan remaja masih tergolong tinggi di Indonesia. BKKBN menyebut angka kelahiran bayi pada kalangan remaja putri jauh lebih tinggi dari target yang telah ditentukan.

Solopos.com, JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan angka kehamilan dan kelahiran pada kalangan remaja puteri masih tinggi yakni sekitar 48 per 1.000 perempuan usia 15 – 19 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Capaian ini masih jauh dari target MDGs [Millenium Development Goals] 2015 sekitar 30 per 1.000 remaja perempuan usia 15 hingga 19 tahun,” ujar Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso terkait angka kehamilan dan kelahiran pada usia remaja kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Provinsi Kalimantan Barat angka kehamilan hingga kelahiran di usia remaja antara usia 15 – 19 tahun bahkan mencapai 104 per 1.000 atau melebihi rata-rata nasional.

“Kalbar dan NTT cukup tinggi, karena itu program Generasi Berencana (Genre) di 2015 juga akan difokuskan di sana dan wilayah lain yang angka kelahiran remajanya tinggi,” ungkap Sudibyo sebagaima diberitakan Antara, Selasa (6/1/2015)

Sebelumnya, program Genre difokuskan di sepuluh provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, NTT, dan Kalimantan Selatan. Pada 2015 program itu akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Sudibyo menjelaskan program Genre merupakan program untuk menjawab tantangan dan masalah remaja terutama menyangkut kesehatan reproduksinya. BKKBN khawatir dengan perilaku remaja yang cenderung semakin terjebak dengan problematika remaja seperti seks bebas yang menyebabkan kehamilan dini, napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif), dan HIV/AIDS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya