SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpustakaan keliling. (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Kegiatan TNI Kodim 0705/Magelang menggelar kegiatan perpustakaan keliling.

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Komando Distrik Militer 0705/Magelang menggelar kegiatan perpustakaan keliling melalui pengoperasian mobil khusus dengan koleksi buku dan bacaan untuk melayani para siswa di berbagai sekolah di daerah itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar, juga menyosialisasikan tata cara bagi mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri masuk sebagai anggota TNI,” kata Petugas Penerangan dan Perpustakaan Kodim 0705/Magelang Serka Sakimun saat menggelar kegiatan itu di SMP Purnama Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (15/10/2015).

Selain membuka layanan kepada para siswa untuk membaca buku dan bacaan lainnya yang menjadi koleksi perpustakaan keliling Kodim Magelang, pada kesempatan itu petugas juga memutar sejumlah film bertema tentang TNI dan patriotisme.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan tentang program perpustakaan keliling tersebut dan pentingnya menyosialisasikan tata cara masyarakat mendaftarkan diri sebagai anggota TNI Angkatan Darat.

“Kita berikan gambaran dan tahapan tentang proses seleksi penerimaan calon prajurit TNI AD,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, katanya, menjangkau berbagai sekolah baik di wilayah Kabupaten Magelang maupun Kota Magelang.

Namun, katanya, selama beberapa waktu terakhir, kegiatan itu dititikberatkan ke berbagai sekolah lanjutan, baik tingkat SLTP maupun SLTA.

“Beberapa waktu belakangan ini lebih dititikberatkan kepada sekolah-sekolah lanjutan, baik SMP maupun SLTA. Tujuannya memberikan arahan kepada siswa-siswa yang akan lulus agar mengerti tata cara proses rekrutmen TNI AD,” katanya.

Seorang guru SMP Purnama Kecamatan Tempuran, Syaifudin, mengemukakan tentang pentingnya kegiatan perpustakaan keliling oleh Kodim Magelang itu bagi para siswanya.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positif, siswa bisa membaca buku yang tidak ada di perpustakaan sekolah,” katanya.

Selain itu, katanya, proses penerimaan calon prajurit TNI perlu dipahami oleh kalangan siswa.

“Paling tidak siswa jadi mengerti apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan mengikuti tes menjadi TNI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya