SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kegiatan Ramadan yang dilakukan sebagian masyarakat Magelang adalah dengan menghabiskan waktu di perpustakaan.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Jumlah masyarakat yang mengunjungi Perpustakaan Kota Magelang, Jawa Tengah, setiap hari selama Ramadhan mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari biasa, kata seorang petugas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dibandingkan dengan hari-hari biasa, jumlahnya mengalami peningkatan selama Bulan Puasa ini,” kata Hari Bowo, petugas Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Kota Magelang itu, di Magelang, Sabtu (27/6/2015).

Ia mengatakan kalau hari biasa pengunjung perpustakaan milik Pemerintah Kota Magelang itu sekitar 90 orang per hari, sedangkan selama Ramadhan meningkat menjadi kira-kira 100 orang per hari.

Mereka yang berkunjung ke tempat itu, katanya, bukan hanya para pelajar dan mahasiswa yang sedang mengisi liburan sekolah, tetapi juga kalangan masyarakat umum.

Selain membaca berbagai buku yang menjadi koleksi perpustakaan itu, pengunjung juga membaca sejumlah koran, baik terbitan lokal maupun nasional. Hingga saat ini, sedikitnya 40.000 buku menjadi koleksi perpustakaan setempat.

Selain itu, katanya, beberapa pengunjung juga memanfaatkan layanan internet nirkabel yang disiapkan secara terbuka dan gratis oleh pengelola perpustakaan.

“Ada juga yang berlama-lama di sini karena memanfaatkan wifi untuk mencari berbagai informasi,” katanya.

Ada juga, katanya, di antara mereka terlihat sudah berjanji terlebih dahulu untuk bertemu di perpustakaan setempat untuk melakukan diskusi.

Ia mengatakan masyarakat setempat mengunjungi perpustakaan setempat rata-rata dua hingga tiga jam per hari.

Pada hari biasa, perpustakaan setempat membuka jam kunjungan pukul 07.00-15.00 WIB (Senin-Kamis), 07.00-14.00 (Jumat), dan 09.00-14.00 (Sabtu dan Minggu).

Namun, jam kunjungan selama Ramadhan pukul 08.00-15.00 (Senin-Kamis), 08.00-14.00 (Jumat), dan 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu).

Ia menjelaskan layanan peminjaman hanya untuk warga yang telah tercatat sebagai anggota perpustkaan setempat. Hingga saat ini, UPT Perpustakaan Kota Magelang memiliki 26.552 anggota yang khusus warga Kota dan Kabupaten Magelang.

Sejak beberapa waktu lalu, Perpustakaan Kota Magelang menempati gedung baru yang lebih representatif dengan luas sekitar 1.160 meter persegi di Lantai 1 Gedung Kyai Sepanjang di Jalan Kartini Nomor 4 Kota Magelang, sedangkan gedung lama seluas 231 meter persegi di Jalan Pahlawan Kota Magelang.

Oleh karena berkomitmen mengembangkan peranan perpustakaan bagi warga setempat, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerima penghargaan “Nugra Jasadarma Pustaloka” pada 2014 dari Perpustakaan Nasional di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya