SOLOPOS.COM - Patroli Keamanan Sekolah biasanya menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang cukup populer. (JIBI/Solopos/Aridansyah Indra Kumala)

Patroli Keamanan Sekolah biasanya menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang cukup populer. (JIBI/Solopos/Aridansyah Indra Kumala)

Patroli Keamanan Sekolah biasanya menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang cukup populer. (JIBI/Solopos/Aridansyah Indra Kumala)


Bicara soal sekolah, pasti enggak komplit kalo enggak bahas masalah ekskul. Yups, setiap ekskul pastinya punya daya tarik tersendiri, sehingga memiliki banyak anggota. Bahkan ada ekskul yang dianggap keren dan populer. Sebenarnya, apa sih ekskul pilihan mu? Dan kenapa sih kamu pilih ekskul itu? Yuk kita tanya aja sama para Sobat Gaul.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Kalo, aku sih ikut banyak ekskul. Pokoknya ikut ekskul, seru deh!” ungkap Rizal Akbar Jaya Pratama, siswa Kelas X MIA, SMA Muhamadiyah 2 Solo. “Aku sih ikut dua ekskul sekaligus. OSN matematika dan OSN biologi. Keduanya sudah melekat dalam diriku,” paparnya. Rizal menambahkan, bahwa dirinya memang tipe orang yang enggak bisa diam. “Sebisa mungkin jadwal harus diatur. Biasanya sepulang ekskul aku langsung ngerjain tugas. Kalo ada ulangan aku usahain tetap fokus belajar,” jelasnya.

Sementara itu, Dika Suryani juga berpendapat ikut ekskul tidak mengganggu kegiatan sekolahnya. “Aku sih ikut ekskul jurnalistik, dan menurutku semenjak aku ikut jurnalistik wawasanku semakin bertambah,” jelas siswi Kelas X IPA 1, SMA Warga Solo ini. Dika menambahkan bahwa ikut ekskul boleh saja, yang penting bisa mengatur waktu. “Aku ikut ekskul karena memang ini sesuai dengan minatku,” ungkapnya.”Pokoknya dibuat santai aja, dan harus konsekuen,” imbaunya.

Banyaknya ekskul di sekolah membuat Dinar Bela Ayu Naj’ma harus pintar-pintar memilih ekskull yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Siswi Kelas XI MIA 1 SMAN Kerjo, Karanganyar ini memilih dua ekskul yaitu kerohanian Islam (Rohis), ekskul jurnalistik Karisma, dan English Fun Club (EFC). “ Ikut Karisma buat menyalurkan hobi fotografiku, ikut Rohis buat mempelajari pedoman hidup seorang muslim, dan ikut EFC biar fasih berbahasa Inggris,” jelasnya. “Rohis keluarga kedua untukku,” tambahnya.

Berbeda dengan Dinar, Erin Oktaviani, siswi Kelas XI 1 SMKN Karanganyar lebih memilih ekskul Ambalan Pramuka. Alasannya, di Pramuka siswa diajarkan tolong-menolong, bertanggung jawab dan juga mandiri. Itulah kenapa ekskul kepramukaan ini menjadi ekskul yang paling diminati di sekolahnya. Dalam proses perekrutan anggota baru ambalan di sekolahnya, dilakukan sosialisasi kepada para siswa baru. “Semakin menarik apa yang disampaikan, atau pengalaman unik yang membuat mereka terkesan, akan semakin banyak yang berminat untuk masuk ke ekskul itu,” paparnya.

Sementara Fitrria Salsabila, siswi Kelas XI Busana SMK Sahid, Solo, memilih OSIS sebagai kegiatannya di sekolah. ” Menurut saya eskul ini amat sangat bergensi di antar yang lain. Walau menggunakan seleksi tetapi tetap saja banyak peminatnya. “Biasanya siswa yang mengikuti eskul ini menjadi terkenal dan pastinya buat ajang pamer atauuntuk meningkatkan prestasi sekolah,” katanya.

Retta Makhfiroh, siswi Kelas XI MIA 2 SMAN 4 Solo memilih Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sebagai ekskul. Menurut Retta, ekskul inilah yang paling bergengsi di sekolahnya. “Biasanya siswa yang mengkuti ekskul ini bisa lebih terkenal. Apalagi karena saat MOS ekskul ini jadi salah satu pengisinya,” ujarnya. Retta menambahkan peminat ekskul ini tiada habisnya meski proses seleksinya lumayan ketat. “Tiap tahun yang ikut tambah banyak hlo,” imbuhnya. (Hapy/Isna/Pratika-Wasis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya