SOLOPOS.COM - Soly Sabatini, 17, saat bekerja paruh waktu di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo.

School Zone kali ini membahas kegiatan lain pelajar, yaitu bekerja paruh waktu alias part time. Ingin mencoba, Youngers?

Solopos.com, SOLO–Dua jam menjelang buka puasa. Soly Sabatini, 17, sibuk merapikan panganan takjil yang dijajakan di sudut pelataran Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Rabu (8/7/2015). Tumpukan nasi bungkus, ia susun berdekatan dengan aneka lauk seperti tahu bacem, ceker ayam, bakwan goreng, hingga telur puyuh. Untuk menjaga kebersihan sajian, setiap makanan yang telah ditata di piring saji ia lilit dengan plastic wrap.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Kegiatan Soly menyiapkan hidangan bergaya angkringan di hotel berbintang lima tersebut menjadi bagian dari tugas pekerjaan sambilannya. Setiap hari pukul 15.00 WIB-23.00 WIB, pelajar yang duduk di bangku kelas XII Jurusan Tata Boga SMK Sahid Solo ini mengisi waktu luangnya sebagai part-timer casual (tenaga bantu) di bagian dapur hotel setempat. “Tugas saya menyiapkan pelengkap makanan di dapur, menyiapkan Takjil Corner, jaga stan, dan jualan di sini,” terangnya ketika berbincang dengan The Young, Rabu sore.

Soly mendapatkan pekerjaan sambilan sebagai tenaga bantu di KSPH lewat jalur panggilan. Beberapa waktu lalu, ia bersama beberapa temannya baru saja menamatkan magang kerja di tempat yang sama. “Aku ditawari pihak hotel buat bantu-bantu selama Ramadan ini. Dengan gaji setara UMR, tawaran ini kuambil,” bebernya.

Perempuan yang hobi memasak ini mengatakan setiap musim liburan tiba, dirinya getol memburu lowongan pekerjaan paruh waktu di internet. Ia mulai menjajal menjadi part-timer sejak duduk di bangku kelas X. Pengalaman pertamanya bekerja sebagai penjaga tenant di Food Court The Park Mall Solo Baru. Dia bekerja sambilan murni demi tujuan pribadi. Kebetulan, kedua orang tuanya juga merestui kegiatan anaknya yang tak nyaman berdiam diri itu. “Duitnya aku pakai untuk keperluan sendiri,” katanya.

Tabungan

Evita Nur Cahyani, 16, juga hobi mengisi libur sekolahnya dengan bekerja paruh waktu. Kalau teman sebayanya piknik bareng teman atau keluarga, siswi Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 6 Solo ini memilih mengenyam pengalaman menjadi pegawai. Beragam pekerjaan sambilan yang pernah ia coba antara lain pegawai butik busana muslim, penjaga stan pameran fotografi, waiter di restoran ayam goreng, hingga warung soto. Selama libur Ramadan tahun ini, ia bekerja paruh waktu sebagai penjaga lapak kue cubit di kawasan belakang Stadion Manahan Solo.

“Dapat info part-time kebanyakan dari saudara atau teman. Lumayanlah bisa cari duit jajan mandiri. Kalau ada kebutuhan mendesak, enggak usah bergantung sama orang tua karena ada tabungan,” ujarnya saat ditemui di Manahan, Kamis (9/7/2015).

Evita selama ini memilih bekerja paruh waktu di masa liburan agar tidak mengganggu kegiatan belajarnya di sekolah. “Selama ini yang kuambil cuma pas yang liburan. Selama naik kelas XII ini rencananya juga kegiatan kerja sambilan setop dulu. Fokusnya menyiapkan UN dan tugas sudah mulai banyak. Nanti setelah kuliah baru aku lanjut nyambi lagi,” bebernya.

Senada dengan Evita, Dyah Sekar Mustika, 17, memanfaatkan waktu senggangnya berburu perguruan tinggi dengan bekerja sambilan. Alumnus Akuntansi SMKN 6 Solo ini menimba pengalaman sebagai penjaga toko busana muslin di kawasan Yosodipuro, Solo. “Dari kelas X aku udah kebiasa mandiri. Kalau dulu jualan online sekarang ingin cari pengalaman kerja sekalian nambah yang jajan,” tutur perempuan yang akrab disapa Sekar ini.

Sebelum menetapkan pilihan tempat part-time, Sekar telah mengajukan lamaran di lima tempat berbeda untuk menjaring beberapa opsi pekerjaan. “Semuanya keterima. Aku dipanggil wawancara buat penjaga toko di butik, mal, gerai es krim, handphone, sampai tenaga akuntansi. Aku pilih menjaga butik karena jam kerjanya maksimal delapan jam dan bisa disambi jualan online,” ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya