Kategori: Nasional

KEGIATAN KAMPUS : Unisri Target Kirim 300 Proposal PKM


Solopos.com/Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos

Kegiatan kampus, Unisri Solo menargetkan pengiriman 300 proposal PKM 2016.

Solopos.com, SOLO--Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo mentargetkan 300 proposal untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2016 mendatang bisa terkirim ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti).

Terkait minat pendaftar PKM, diakui ada peningkatan jumlah mahasiswa yang mengajukan proposal dalam program tersebut.

Wakil Rektor (WR) III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Unisri, Sutoyo, mengemukakan pendaftar PKM 2015 ini meningkat pesat. Bila 2014 lalu hanya sekitar 15 pendaftar, tahun meningkat menjadi sekitar 85 pendaftar.

"Dari 15 pendaftar 2014 lalu yang lolos didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebanyak 5 proposal. Untuk tahun ini, dari 85 pendaftar kami berharap ada separuhnya yang lolos, setidaknya ada 40 proposal yang bisa didanai melalui program itu," ujar Sutoyo ketika ditemui wartawan di Kampus Unisri, Sabtu (5/12/2015).

Sutoyo mengakui minat mahasiswa Unisri dalam PKM masih perlu dorongan dari berbagai sisi. Namun pihaknya terus mendorong agar ada peningkatan melalui sejumlah pelatihan dan sosialisasi PKM di masing-masing fakultas. Masing-masing fakultas pun juga mengadakan pelatihan-pelatihan dan pendampingan.

"Masih ada kendala memang, karena tangan-tangan panjang di masing-masing fakultas belum mensosialisasikan secara utuh kepada mahasiswa. Sehingga program PKM belum bisa dipahami secara menyeluruh oleh para mahasiswa,” jelasnya.

Sutoyo menilai PKM itu penting, karena merupakan ukuran prestasi sebuah perguruan tinggi. Sehingga kalau keikutsertaan mahasiswa PKM masih rendah misalnya, berarti kurang bagus bagi perguruan tinggi bersangkutan.

Ke depan bersama 6 fakultas dengan 15 program studi yang ada akan dibentuk kelompok-kelompok, dan universitas akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang proposalnya lolos untuk mengembangkannya sebagai penelitian dalam rangka penyusunan skripsi.

Hal ini akan sangat menguntungkan mahasiswa karena dana penelitian berasal dari Ditjen Dikti.

Selain itu pihaknya berencana mengundang dari Ditjen Dikti untuk memberikan motivasi tentang PKM kepada mahasiswa.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Mufid Aryono