SOLOPOS.COM - ilustrasi (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Kegiatan DPRD Boyolali, anggota DPRD mengebut penyelesaian pembahasan raperda.

Solopos.com, BOYOLALI–Dua bulan menjelang akhir 2015, DPRD Boyolali masih punya pekerjaan menyelesaikan 15 rancangan peraturan daerah (raperda).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

15 raperda itu belum termasuk raperda Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Boyolali 2016. Waktu efektif bagi anggota DPRD untuk menyelesaikan pembahasan belasan raperda tersebut diperkirakan jauh lebih sedikit dibandingkan sisa waktu dua bulan karena menjelang akhir tahun ini para politikus disibukkan dengan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

Ketua DPRD Boyolali, S.Paryanto, memastikan seluruh raperda yang belum dibahas akan diselesaikan pada akhir tahun ini.

“Sesibuk apa pun karena kebetulan bersamaan dengan pilkada, semuanya harus diselesaikan,” kata Paryanto, kepada Solopos.com, Kamis (22/10/2015).  Berdasarkan agenda legislasi yang disusun DPRD Boyolali awal tahun lalu, pada masa sidang III tahun ini ada 15 raperda yang harus diselesaikan dan lima di antaranya raperda inisiatif.

Saat ini DPRD juga masih menunggu raperda-raperda yang merupakan usulan dari eksekutif. “Nanti kami bahas bersama. Ini masih harmonisasi dulu untuk di sesuaikan dengan jadwal yang ada,” papar dia.

Diakui Paryanto, menjelang pilkada tahun ini anggota DPRD punya kesulitan sendiri-sendiri terutama dalam membagi tugas antara tugas sebagai anggota legislatif maupun tugas dari partainya masing-masing.

“Harus mengalokasikan waktu. Memang sangat mepet tetapi harus diselesaikan sehingga harus ada harmonisasi dengan eksekutif. Apalagi, dari banyaknya raperda itu, belum termasuk raperda APBD. Saat ini saja kami belum terima draf RAPBD-nya,” papar Paryanto.
Dia berharap akhir bulan ini Pj Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih, segera menyerahkan RAPBD 2016 untuk segera dibahas.

Ketua Fraksi Golkar, Agus Ali Rosyidi, memastikan anggota fraksi siap lembur untuk menyelesaikan agenda kedewanan yang harus diselesaikan menjelang akhir tahun. Dia juga tidak menampik kesibukan anggota DPRD saat ini adalah terkait agenda pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya