SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Rasa manis yang terkandung dalam gula menyimpan potensi penyebab kegemukan. Dalam sehari-hari, gula banyak ditemui di beberapa jenis makanan yang jika konsumsinya berlebihan menyebabkan kegemukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dokter di Rumah Sakit Jogja, Kiswarjana mengatakan, gula dan makanan yang manis akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. “Kelebihan gula akan disimpan di dalam sel lemak dan di dalam sel lemak ini akan diubah menjadi lemak,” katanya Selasa (26/6).

Selain itu, lanjutnya, konsumsi gula maupun makanan manis akan meningkatkan hormon serotonin yang bisa memicu keinginan untuk kembali makan makanan manis. Jika konsumsi tersebut berlebihan dan tidak terkontrol, menyebabkan seseorang mengalami kegemukan lebih cepat.

Meski merasa tidak mengonsumsi gula berlebihan, tetapi konsumsi pada beberapa jenis makanan tertentu secara tidak disadari juga mengonsumsi kandungan gula yang tinggi. Beberapa jenis makanan dengan kadar gula cukup tinggi di antaranya terdapat pada roti putih, sereal, krimer, kentang, donat, mainuman manis bersoda dan lainnya.

Kiswarjana mengatakan, konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi umumnya akan memicu untuk menambah kembali porsi itu. “Kalau sudah kenyang jadi ngantuk dan malas lalu tiduran, nah itu akan cepat menimbun lemak, kalau tidak bisa kontrol jadinya kegemukan,” katanya.

Alternatif

Beberapa jenis makanan yang banyak dikonsumsi tetapi berpotensi menaikkan kadar gula dan memicu kegemukan bisa diganti dengan alternatif makanan serupa lainnya. Namun, konsumsi pada makanan dan minuman tetap perlu kontrol untuk keseimbangan kesehatan tubuh.

Beberapa makanan pengganti di antaranya jika tadinya menyukai roti putih disarankan untuk memilih jenis roti kandung dengan karbohidrat ringan dan kandungan gula minim, roti gandum juga kaya serat yang membantu pencernaan.

Bagi penyuka sereal di pagi hari untuk makanan sarapan, disarankan menggantinya dengan jenis sereal oatmeal yang tidak mengandung gula tinggi. Sementara untuk minum kopi di pagi hari sebaiknya tanpa krimer yang mengandung kadar gula tinggi. Pemanis bisa dipilih dari pemanis buatan. Sementara makanan berat yang perlu diperhatikan yakni konsumsi kentang. Makanan dengan kalori rendah ini akan berubah berkalori tinggi jika kentang diproses dengan digoreng menggunakan minyak kelapa.

Sedangkan minuman yang banyak disukai yakni jenis minuman manis bersoda. Selain mudah ditemukan, jenis minuman ini menyegarkan dahaga terutama di siang hari. Padahal soda mengandung kadar gula tinggi. “Kalau sudah suka minuman bersoda, banyak yang akan cepat gemuk,” katanya.

Jadi, selain berpotensi memunculkan penyakit gula darah atau diabetes, gula juga memicu kegemukan pada tubuh. Konsumsi makanan bergula  perlu dikontrol agar asupan seimbang untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya