SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lumajang [SPFM], Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.600-an meter dari permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan gempa embusan atau pelepasan energi dari perut gunung sebanyak 60 kali. Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Sofyan, Senin (26/12) mengatakan gempa embusan itu terjadi selama 24 jam terakhir kemarin yang tercatat dalam seismograf PPGA Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Dalam seismograf juga mencatat aktivitas Gunung Semeru selama 24 jam terakhir mengalami gempa tremor sebanyak lima kali, gempa vulkanik dalam sebanyak satu kali, dan gempa guguran sebanyak dua kali. Pemerintah Kabupaten Lumajang menetapkan enam kecamatan masuk dalam zona merah bahaya lahar dingin Gunung Semeru seiring dengan semakin tingginya curah hujan selama musim hujan dan aktivitas Semeru. Enam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pronojiwo, Tempursari, Pasirian, Candipuro, Pasrujambe dan Kecamatan Tempeh karena kecamatan tersebut dilalui tiga alur utama aliran lahar dingin Gunung Semeru yakni daerah aluran sungai (DAS) Mujur, DAS Glidik dan DAS Rejali. [MIOL/dtp

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya