SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kofalen Edu Fair kesepuluh atau KEF X mengangkat “Youth’s Role and Innovation to Reach Society 5.0 Era”. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Kimia (Kovalen) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo

Namun, adanya kondisi pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan acara KEF X terpaksa dilaksanakan secara daring dengan melakukan berbagai inovasi pada berbagai aspek pelaksanaan acara. Walaupun demikian, panitia tetap berusaha menyajikan konsep acara KEF X dengan baik dan menarik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Adapun Society 5.0, merupakan pengembangan dari Revolusi Industri 4.0. Di mana dirancang sebagai solusi atas ketakutan akan terdegradasinya pemuda Indonesia dan dunia oleh Revolusi Industri 4.0. Society 5.0 hadir dengan mengintegrasikan kehidupan nyata dan dunia maya serta berfokus pada aspek kemanusiaan.

“Puncak KEF X dilaksanakan pada 1 November 2020 dengan penyelenggaraan webinar nasional dilanjutkan pengumuman pemenang lomba,” demikian seperti rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (6/11/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Terdapat empat rangkaian acara dalam KEF X, yakni seminar nasional, National Essay Competition, Chemistry Competition, dan lomba poster PCl5.

Webinar Nasional


Kegiatan Webinar Nasional diselenggarakan oleh panitia KEF X HMP Kimia Kovalen FKIP UNS secara daring melalui platform YouTube Kovalen UNS. Acara ini terbuka untuk umum sehingga siapapun dan di manapun berada dapat mengikuti webinar nasional ini secara online.

National Essay Competition

Kemudian National Essay Competition (NEC) merupakan kompetisi dalam bidang kepenulisan essay yang diselenggarakan oleh panitia KEF X secara daring.Pada tahun ini essay competition mengangkat tema “Optimalisasi Peran Generasi Muda Melalui Sumber Daya Lokal sebagai Upaya Mewujudkan Harmonisasi Teknologi dan Masyarakat di Era Society 5.0”. NEC ini telah diselenggarakan Presentasi Essay para peserta pada tanggal 31 Oktober 2020 dan juaranya diumumkan pada 1 November 2020.

National Chemistry Competition

Sedangkan National Chemistry Competition (NCC) merupakan kompetisi dalam bidang ilmu kimia yang diselenggarakan oleh panitia KEF X secara daring. NCC diikuti pelajar SMA sederajat se-Indonesia. Rangkaian acara ini telah dilaksanakan pada 31 Oktober 2020. NCC ini dilakukan dalam dua babak dan satu babak untuk penentuan finalis tiga besar.

Lomba Poster Digital Nasional PCl5

Selanjutnya Lomba Poster Digital Nasional PCl5 yang dibuka untuk umum. Yakni pembuatan karya poster digital dalam KEF X. Kompetisi ini sarana penyaluran dan pengembangan minat, bakat, karya, kreasi, dan aspirasi pemuda Indonesia dalam karya poster digital. Selain itu, kompetisi ini juga memiliki tujuan untuk menjadi lading apresiasi masyarakat terhadap karya, kreativitas, dan inovasi pemuda Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya