SOLOPOS.COM - (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI – Enam jemaah haji asal kloter satu dan kloter dua SOC Solo yang tiba di Bandara Adi Soemarmo, Kamis (1/11/2012) dirujuk ke RSUD dr Moewardi. Kelima jemaah asal Kabupaten Sukoharjo tersebut dirujuk karena menderita berbagai gangguan kesehatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan harian kesehatan pemulangan haji 2012 Debarkasi Solo, keenam jemaah haji yang dirujuk tersebut antara lain Mujinem Darmodiharjo asal kloter satu, serta Tri Rudjito, Suratini, Martin Minto Dikromo dan Sri Winarni asal kloter dua.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Taufiqurrohman melalui Humas PPIH Debarkasi Solo Khusnul Khotimah, mengatakan lima jemaah haji tersebut masing-masing menderita sakit panas, low daily intake (asupan harian rendah), depresi, stroke dan pingsan. “Saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, kondisi kesehatan jemaah sudah menurun. Keenamnya lalu dibawa ke Asrama Haji Donohudan (AHD) dengan ambulans untuk dirawat di klinik AHD. Karena kondisi mereka belum membaik, lantas dirujuk ke Moewardi, “ paparnya kepada Solopos.com.

Menurutnya, selain kelelahan, lima Calhaj tersebut juga telah berusia lanjut. Ia mengatakan hingga Kamis sore pihaknya belum menerima keterangan lebih lanjut terkait perkembangan kondisi jemaah yang dirujuk tersebut. “Pihak keluarga sudah tahu kondisi lima jemaah itu dan sudah menyertai,” tambahnya.

Sementara itu, kedatangan dua kloter pertama jemaah haji SOC Solo segera disusul dua kloter selanjutnya, yakni kloter tiga dan kloter empat pada Kamis malam. Menurut keterangan Kasubag Pengolahan Data (Polahta) Debarkasi Solo, Akhmad Darwis, jemaah haji kloter empat diperkirakan akan tiba lebih dulu di Bandara Adi Soemarmo. “Karena berangkat lebih dulu, kloter empat diperkirakan mendarat pukul 22.10 WIB, sementara kloter tiga mendarat pukul 22.20 WIB. Jika ada keterlambatan, itu disebabkan lalu lintas penerbangan kepulangan haji yang masih padat, ” terangnya.

Berdasarkan pantauan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Debarkasi Solo, Kamis siang, jemaah yang meninggal di Tanah Suci bertambah tiga orang. Ketiganya adalah Rameli Siswo Raharjo asal Kabupaten Boyolali, Mangisah binti Singa Sumarta asal Kabupaten Purbalingga dan Tumirin Broto Saputro asal Kabupaten Grobogan. Hingga saat ini jumlah jemaah haji SOC Solo yang meninggal sebanyak 42 orang.

Jadwal Kepulangan Jemaah Haji 2 November
Kloter 05 Kabupaten Wonogiri Berangkat 10.15 (Bakhutmah) Tiba 02.15 WIB
Kabupaten Karanganyar
Kloter 06 Kabupaten Karanganyar Berangkat 20.45 (Jarwal) Tiba 12.45 WIB
Kota Surakarta
Kloter 07 Kota Surakarta Berangkat 06.15 (Mahbas Jin) Tiba 22.15 WIB
Sumber: Kemenag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya