SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memantau kegiatan penyekatan pemudik di Simpang Joglo, Banjarsari, Sabtu (8/5/2021) sore.(Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kembali memantau langsung kegiatan penyekatan pemudik. Kali ini, Sabtu (8/5/2021), putra sulung Presiden Jokowi itu melakukannya di Simpang Joglo.

Gibran mengenakan jaket merah dengan tulisan "Indonesia" di punggung. Gibran tidak hanya duduk di Posko Pengamanan Lebaran Joglo. Dia ikut terjun langsung melihat proses penyekatan oleh aparat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, Gibran berdiri di pinggir jalan melihat penyekatan sekitar dua jam. Selama memantau penyekatan, Gibran tak sekali pun duduk. Dia terus berdiri sembari memastikan tidak ada mobil pelat luar Solo yang lolos pemeriksaan petugas.

Baca Juga: Kisah Pekerja Pindahkan 740 Makam untuk Bangun Kantor Kelurahan Sondakan Solo

Sesekali dia bertanya daerah asal pengguna jalan dan daerah tujuannya bepergian. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu juga beberapa kali mengingatkan pengguna jalan yang tidak memakai masker.

"Hari ini kami pantau penyekatan di Palang Joglo. Kendaraan pelat luar kota kita berhentikan semua, kita lihat hasil swab-nya, kita lihat SIKM-nya," terang Gibran saat diwawancara wartawan.

Menurut dia penyekatan merupakan salah satu upaya mencegah lolosnya pemudik dari luar Solo. Selain penyekatan, Gibran mengatakan ada mekanisme pemantauan oleh Satgas Jaga Tangga di tiap kelurahan.

"Kalau masih ada yang lolos penyekatan nanti pasti ketahuan, kepantau oleh Satgas Jaga Tangga," kata dia.

Baca Juga: Video Kebakaran di Barat Taman Balekambang Solo, Lebih dari 6 Pemadam Merapat

Gibran tidak menampik kemungkinan lolosnya sejumlah pemudik yang masuk Solo melalui jalur-jalur tikus atau jalur alternatif. Untuk itu Gibran menyatakan akan mengevaluasi mekanisme dan pelaksanaan penyekatan yang sudah berjalan beberapa hari terakhir. Dia berharap masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk tidak mudik guna mencegah persebaran Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya