Kecewa Sikap Presiden Prancis, Pogba Disebut Mundur dari Timnas
Paul Pogba. (REUTERS/Eddie Keogh)

Solopos.com, MANCHESTER — Paul Pogba dikabarkan mundur dari Timnas Prancis sebagai bentuk kekecewaan terhadap pernyataan kontroversial Presiden Emmanuel Macron. Baru-baru ini Macron dianggap mendiskreditkan umat Islam saat merespons kasus Samuel Paty, guru sejarah yang dibunuh setelah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad pada muridnya.

Sang presiden menyebut sekularisme negara merupakan identitas nasional Prancis. Membatasi kebebasan berekspresi untuk menjaga perasaan suatu kaum disebut Macron dapat merusak persatuan negara. Macron kemudian menuding Islam sebagai agama yang sedang mengalami krisis dan ingin membubarkan kelompok Islam militan domestik yang dianggap sebagai dalang pembunuhan Paty.

Banyak Nakes di Klaten Kena Corona, Warga Diimbau Tak Takut ke RS & Puskesmas

Pernyataan itu memicu reaksi umat Islam di penjuru dunia, termasuk Pogba. Mereka menilai sekularisme tak bisa diterapkan dengan menyinggung keyakinan pihak lain. Penggambaran Nabi Muhammad dianggap pelanggaran serius bagi umat Islam. Sebab, tradisi Islam secara eksplisit melarang gambar Muhammad dan Allah.

Pogba sendiri dikenal sebagai sosok muslim yang taat. Tahun lalu gelandang Manchester United itu sempat menjalani umroh bersama bek Chelsea, Kurt Zouma.

“Islam tidak seperti yang orang-orang bayangkan, seperti terorisme. Apa yang kami dengar di media itu berbeda. Islam adalah sesuatu yang indah,” kata Pogba dilansir The Times beberapa waktu lalu.

Media-media Prancis mengabarkan pemain yang ikut andil mengantar Les Bleus juara Piala Dunia 2018 itu memutuskan mundur dari timnas sebagai bentuk protes terhadap Macron. Meski demikian, hingga saat ini baik Pogba maupun Asosiasi Sepak Bola Prancis belum mengonfirmasi kabar tersebut.

DLH Solo: Bunga Bangkai di SD Panularan Bukan Raflesia Arnoldi Tapi Suweg

Jika Pogba benar-benar mundur, itu menjadi kerugian besar meski belakangan kontribusinya di Timnas Prancis tak sebaik beberapa tahun lalu. Gelandang 27 tahun itu bahkan hanya sekali tampil sebagai starter di tiga laga terkini Les Bleus.

Corentin Tolisso kini banyak mengambil perannya. Namun pengalaman dan kualitas Pogba jelas dibutuhkan di ajang sekelas Piala Dunia dan Piala Eropa. Apalagi Pogba sedang memasuki usia emas sebagai pesepakbola.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom