Kecewa Indonesia Setop Impor karena Virus Corona, China: Kita Kan Sahabat!
Petugas mengenakan baju pelindung di sebuah pasar seafood yang telah ditutup di Wuhan, Hubei, China, Jumat (10/1/2020). Pasar seafoof diduga terkait penyebaran virus corona (coronavirus). (Reuters-Stringer)

Solopos.com, JAKARTA -- Keputusan pemerintah Indonesia menghentikan impor berbagai produk China seiring wabah virus Corona novel membuat negara Tirai Bambu kecewa. Pemerintah China menyebut langkah Indonesia itu dapat berdampak negatif bagi hubungan perdagangan kedua negara.

“Tindakan itu [penghentian impor] akan merugikan hubungan dagang antara kedua negara dan juga akan memberikan dampak negatif kepada hubungan kedua negara,” kata Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, dalam jumpa pers yang digelar di kediaman resminya di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Dubes Xiao mengatakan pernyataan tersebut terkait rencana pemerintah Indonesia untuk menghentikan sementara impor barang dari China. Keputusan Indonesia menyusul eskalasi penyebaran wabah virus Corona di negara tersebut.

Temuan Baru! Virus Corona Bisa Menular Lewat Tinja dan Toilet Umum

Dia mengaku prihatin terhadap rencana pemerintah Indonesia tersebut. Menurut dia, apabila terealisasi, tindakan tersebut dapat berdampak buruk bagi hubungan kedua negara. Xiao pun mengatakan hingga saat ini belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor.

“Organisasi Kesehatan Dunia [WHO] sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju terhadap tindakan pembatasan perdagangan ke arah China,” kata Xiao, merujuk pada pernyataan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang mengatakan tidak ada alasan untuk mengintervensi perdagangan dan perjalanan internasional terkait virus Corona novel.

Bertemu DPP PDIP: Rudy Siap Menangkan Calon yang Dapat Rekomendasi

Oleh sebab itu, Xiao berharap agar Indonesia dapat menimbang saran dari WHO dan tidak mengambil tindakan yang dianggap dapat memberikan dampak negatif bagi hubungan kedua negara. Terlebih, katanya, Indonesia dan China merupakan tetangga dan sahabat yang memiliki hubungan baik.

“Kita berharap pihak Indonesia bisa memandang wabah ini dan memandang pencegahan dan penanggulangan secara objektif, rasional, dan ilmiah dan mengambil tindakan pencegahan yang rasional, bukan yang overreacted supaya menghindari gangguan terhadap hubungan kedua negara dan kerja sama,” papar dia.

Diberitakan sebelumnya oleh Solopos.com, pemerintah Indonesia berencana menghentikan sementara impor dari China terkait beberapa produk yang berpotensi membawa virus Corona novel, termasuk produk pangan.

Diterpa Hoaks Bakso Tikus, Warung Sugeng Madiun Ramai Lagi

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan detail dari rencana tersebut baru akan diputuskan setelah dilakukan rapat bersama dengan berbagai kementerian, karena tidak semua produk impor berpotensi membawa virus tersebut. Dia mengatakan produk-produk yang berpotensi dilarang untuk diimpor antara lain adalah hewan hidup.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho