SOLOPOS.COM - ilustrasi

Festival Songkran (ilustrasi)

JAKARTA–Badan Pariwista Thailand di Jakarta menghadirkan keceriaan festival penting di Thailand, Songkran, yang merupakan perayaan tahun baru tradisional Thailand di Taman Swedari, Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (6/4/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Thailand, kata Nithee Seeproe Director of Tourism Authority of Thailand di Jakarta, festival Songran diperingati setiap tahun pada 6-13 April yang tahun ini merupakan perayaan tahun 2556. “Kunci utama dalam festival Songkran adalah air yang merupakan perwujudan dari pembersihan jiwa, pikiran, dan tubuh,” kata Nithee disela-sela acara festival Songkran di Hotel Sultan Jakarta.

Kunci utama dalam festival tersebut adalah air yang merupakan perwujudan dari pembersihan jiwa, pikiran, dan tubuh. Saat Songkran, katanya, semua penduduk Thailand akan menyiramkan air ke segala ara dengan tujuan untuk menghindarkan diri dari nasib buruk dan membersihkan diri dari kesalahan yang telah lalu.

Di Bangkok, katanya, festival Songkran dirarayakan dengan lebih meriah. Baik penduduk lokal maupun turis asing akan memenuhi jalan-jalan besar untuk turut memeriahkan festival terbesar itu. Lokasi yang paling padat adalah Khoa San Road, Siloam Road. Songran dirayakan dengan cara yang lebih religius. Biasanya para penduduk akan beramai-ramai mengunjungi kuil, kemudian menyiramkan air ke patung Buddha dan menuangkan air ke tangan para Biksu dan orang yang lebih tua sebagai prenghormatan.

Pihaknya menghadirkan acara yang ceria itu ke Jakarta. Orang yang menghadiri acara festival tersebut dapat merasakan serunya perang air, menikmati tarian dari penari asli Thailand dan mencicipi hidangan khas Thailand. Banyak penduduk Ibu Kota yang datang menyaksi acara festival tersebut sambil menikmati makanan khas Negeri Gajah itu.
Rita Risliana, 48, misalnya, mengajakan anak-anak dan tetangganya yang berjumlah 9 orang.

“Saya senang dengan makanan Thailand. Kedua anak saya senang menghadiri acara ini. Mereka main perang-perangan air,” kata Rita yang menikmati beberapa makanan Thailand itu.

Rita yang pernah tinggal 4 tahun di AS itu juga sudah pernah datang wisata ke Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya