Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah/XL Axiata

Solopos.com,, JAKARTA — Indonesia menempati posisi rendah dalam urutan negara dengan jaringan seluler yang menyediakan kecepatan unduh tercepat

Tercatat skor kecepatan unduh Indonesia sebesar 6,9 Mbps, hanya terpaut 5,4 Mbps dari Irak sebagai negara terbawah yang memiliki pengalaman mengunduh dengan kecepatan 1,6 Mbps.

Kecepatan unduh Indonesia menjadikan Indonesia termasuk dalam 20 negara dengan kecepatan unduh di bawah 10 Mbps versi OpenSignal. 

Analis Senior Opensignal,  Peter Boyland mengatakan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan terdapat 13 negara dengan skor  kecepatan unduh di atas 30 Mbps.

“Sementara 35 dari 87 pasar kami ukur jatuh ke kisaran 10—20 Mbps, dan 20 negara mencetak skor di bawah 10 Mbps,” kata Peter dalam rilis yang diterima Bisnis.

Meskipun demikian, kecepatan unduh Indonesia masih lebih baik jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya seperti India, Pakistan, dan Bangladesh. Kecepatan unduh di negara tersebut sebesar 6,8 Mbps, 6,2 Mbps dan 5,7 Mbps.  Adapun di antara negara Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan  ketiga sebagai negara dengan pengalaman mengunduh paling lambat, setelah Thailand di urutan kedua (5,7 Mbps) dan Kamboja di urutan pertama (5,6 Mbps). 

Made with Flourish

Indonesia tertinggal jauh dari negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura dengan kecepatan unduh masing –masing sebesar 11,5 Mbps dan 39,3 Mbps.

OpenSignal adalah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel. Belum lama, OpenSignal melakukan penelitian mengenai kecepatan jaringan internet di 87 negara yang terdapat di Eropa, Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika dan Asia Pasifik. Penelitian dilakukan pada periode 1 Januari—31 Maret 2019 dengan melibatkan 43,61 juta perangkat. 

Dalam laporan tersebut disebutkan juga tiga negara dengan kecepatan unduh tercepat adalah Korea Selatan, Norwegia dan Kanada dengan kecepatan masing-masing unduh sebesar 52,4 Mbps, 48,2 Mbps dan 42,5 Mbps. Kemudian tiga negara dengan kecepatan unduh paling lambat yaitu, Irak, Nigeria dan Nepal. Masing – masing memiliki skor kecepatan unduh sebesar 1,6 Mbps, 3,1 Mbps dan 4,4 Mbps.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten