SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kecelakaan terjadi di Banjarnegara saat sebuah truk pengangkut BBM yang mengalami pecah ban.

Semarang.com, BANJARNEGARA – Sebuah truk tangki bermuatan bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 24.000 liter nyaris terbakar saat melintas di depan Kantor Kelurahan Semampir, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, setelah sempat mengalami pecah ban.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (24/2/2016) sekitar pukul 10.00 WIB, saat truk tangki berpelat nomor R-1904-EA yang dikemudikan Tarisun, warga Cilongok, Kabupaten Banyumas, melaju di ruas jalan utama Purwokerto-Banjarnegara dari arah barat.

Salah seorang saksi mata, Udin mengaku terkejut ketika mendengar ledakan dari arah truk tangki itu dan melihat pengemudinya turun.

“Di bagian belakang sisi kiri tangki tampak ada api yang menjalar dan kami pun langsung memadamkan api dengan APAR [alat Pemadam Api Ringan] yang tersedia di truk. Bahkan, beberapa warga sekitar juga berdatangan sambil membawa APAR,” katanya.

Menurut dia, sedikitnya 10 tabung APAR yang disemprotkan namun api tidak kunjung padam hingga akhirnya datang dua unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara yang langsung berupaya memadamkan api agar tidak merambat ke dalam tangki yang bermuatan BBM itu.

Upaya pemadaman berlangsung sekitar satu jam hingga akhirnya api dapat dipadamkan.

Kejadian tersebut sempat menimbulkan kemacetan yang cukup parah meskipun selama proses pemadaman, polisi menghentikan arus kendaraan yang melintas dari arah timur maupun barat.

Pengemudi truk, Tarisun mengatakan bahwa kondisi truk tangki saat berangkat dari Terminal BBM Maos, Cilacap, dalam kondisi normal dan bannya masih baru.

“Saya tidak tahu penyebab pecahnya ban belakang bagian dalam sebelah kiri. Kami sempat panik, beruntung warga bersama tim BPBD segera datang sehingga tangki tidak sampai meledak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya