KECELAKAAN SOLO : 8 Pesepeda Jadi Korban Lakalantas pada Januari-Februari 2018, 1 Orang Meninggal

KECELAKAAN SOLO : 8 Pesepeda Jadi Korban Lakalantas pada Januari-Februari 2018, 1 Orang Meninggal

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Delapan pesepeda terlibat kecelakaan lalu lintas di Solo pda Januari-Februari 2018, satu orang meninggal dunia.

Solopos.com, SOLO -- Delapan pesepeda menjadi korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di sejumlah jalan utama di Kota Solo pada Januari-Februari 2018. Satu dari delapan korban lakalantas tersebut meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit.

Kasubnit Laka Satlantas Polresta Solo, Ipda Dwi Agung Trenggono, mewakili Kasatlantas Kompol Imam Syafi’i mengatakan sebagian besar kasus lakalantas melibatkan pesepeda bertabrakan dengan sepeda motor. Kasus lakalantas pesepada dengan sepeda motor terakhir terjadi awal Februari.

“Kami mengimbau pesepeda untuk lebih berhati-hati saat berada di jalan raya,” ujar Trenggono saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (26/2/2018).

Trenggono menjelaskan rata-rata penyebab kecelakaan karena pesepeda melanggar rambu lalu lintas. Melanggar rambu lalu lintas tersebut seperti menerobos lampu merah di traffic light. Selain itu, ada juga pesepeda yang menyeberang sembarangan tanpa melihat kondisi jalan sehingga terlibat kecelakaan.

Baca:

“Kami juga menemukan kasus lakalantas antara pesepada dengan sepeda motor di jalur lambat akibat bersenggolan,” kata dia.

Satlantas, lanjut dia, lakalantas melibatkan pesepeda kebanyakan terjadi pukul 18.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur sepeda onthel juga bisa memicu terjadinya lakalantas. Selain itu, kondisi jalan sepeda onthel masih banyak yang rusak sehingga pesepeda masuk ke jalur cepat.

“Kami mencatat delapan lakalantas melibatkan pesepeda terjadi di lima jalan di Kota Bengawan. Kelima jalan itu yakni Jl. Ahmad Yani, Jl. Letjen Suprapto, Jl. Ir. Sutami, Jl. Ki Hajar Dewantara, dan Jl. H.O.S. Cokroaminoto,” kata dia.

Kasubnit II Lakalantas Ipda Suharto menambahkan untuk mengantisipasi lakalantas melibatkan pesepeda, setiap pagi dan malam menempatkan petugas di lima jalan itu. Selain itu, juga menempatkan petugas di setiap persimpangan jalan.

“Kami memberikan pengarahan kepada pesepeda yang masuk ke jalur cepat untuk masuk ke jalur lambat supaya tidak terlibat lakalantas. Satlantas mengimbau pesepeda agar memakai helm,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

2 Kali Gunung Merapi Erupsi Dalam Sehari, Selo Boyolali Dipastikan Aman

Gunung Merapi mengalami erupsi dua kali dalam sehari pada Minggu (16/5/2021) dengan semburan awan panas sejauh 1,7 km dan 2 km.

Tragis! Wanita di Blitar Tertabrak KA Ternyata Bunuh Diri

Saksi mata melihat, korban tampak jongkok di atas rel, ketika melihat KA tujuan Surabaya itu melintas.

Menhub Prediksi Banyak Pemudik Tunda Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi para pemudik yang semula diperkirakan mencapai puncak, Minggu (16/5/2021), menunda balik.

1 Orang Meninggal Positif Covid-19, Warga Pelemgadung Sragen Sterilkan Lingkungan

Warga Pelemgadung, Karangmalang, Sragen, bergotong royong mensterilkan kampung menyusul satu warganya meninggal positif Covid-19.

Waspada! Kasus Kematian Covid-19 di Sleman Mencapai 434 Orang

Lonjakan kasus kematian warga Sleman akibat Covid-19 terjadi selama dua hari lebaran.

Royalti, Radio, dan Pandemi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi sabtu, 8 Mei 2021. Esai ini karya Ariyanti Mahardina, freelancer yang pernah bekerja di radio dan kini masih aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Solo.

Banyak Pelanggaran Prokes Di Mal, Satgas Covid-19 Sukoharjo Tegur Pengelola

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo memberikan teguran kepada pengelola mal terkait masih banyaknya pelanggaran prokes seperti kerumunan.

Taklukkan Sirkuit Le Mans, Jack Miller Juara MotoGP Prancis 2021

Cuaca di kawasan sirkuit Le Mans berubah-ubah dari cerah menjadi hujan, dan kembali cerah saat balapan berlangsung.

Zidane Tinggalkan Real Madrid di Akhir Musim

Zidane disebut mulai mengumbar keinginannya mundur saat bertemu dengan pemain pada 8 Mei 2021.

Selepas Lebaran, Vaksin Warga Lansia Di Kota Solo Tak Sampai 80%

Banyaknya warga lansia yang takut menjadi salah satu penyebab program vaksinasi lansia tak mencapai target.

Pedagang di Cemara Kandang Karanganyar Protes Warungnya Sepi Karena Penyekatan

Pedagang di Cemara Kandang, Karanganyar, merasa terganggu dengan penyekatan yang dilakukan petugas. Mereka khawatir dagangan mereka tak laku karena penyekatan tersebut.

Objek Wisata di Batang Ditutup, Segini PAD Yang Diprediksi Hilang

Objek wisata di Batang sempat buka yakni pada Kamis kemarin (13/05) hingga Sabtu (15/05).