SOLOPOS.COM - Bus Rosalia Indah AD-1505-AU terguling ke parit di pinggir jalan raya Turut Dukuh Bayeman Desa Tlahab Lor Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Sabtu (24/6/2017). (Istimewa)

Kecelakaan Purbalingga, 4 orang tewas setelah bus Rosalia Indah terguling di parit.

Solopos.com, KARANGANYAR — Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah siap bertanggung jawab menyikapi kecelakaan tunggal di Tlahap Lor, Karangreja, Purbalingga, Sabtu (24/6/2017) dini hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, sopir bus Rosalia Indah yang nyungsep di Karangrejo diketahui baru bekerja di PO yang berkantor pusat di Ngringo, Jaten sejak tiga bulan terakhir. (baca: Bus Rosalia Indah Tabrak Pembatas Jalan Lalu Teguling)

Ekspedisi Mudik 2024

Diberitakan sebelumnya, Bus Rosalia Indah berpelat nomor AD 1505 AU yang terguling di Karangreja dikemudikan Imanudin, 45, warga Parung, Bogor. Bus jurusan Jakarta-Jogja tersebut mengangkut 40 penumpang.

Hingga berita ini diturunkan, korban meninggal dunia dalam kecelakaan di parit di pinggir jalan Tlahab Lor sedalam lima meter itu mencapai empat orang. Dugaan sementara, kecelakaan tunggal tersebut disebabkan sopir tak mengenali medan jalan yang berupa tanjakan dan turunan.

“Tim di sini [Rosalia Indah] sudah berangkat ke Purbalingga untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan. Karyawan yang ada di kantor pusat ini tidak bersedia memberikan keterangan karena memang belum mengetahui kronologi secara detail. Yang jelas, Rosalia Indah akan bertanggung jawab dari nol hingga rampung [mengurus para korban, baik luka ringan hingga luka berat atau meninggal dunia],” kata salah seorang petugas keamanan (satpam) kantor pusat Rosalia Indah di Ngringo, Jaten, Karanganyar, yakni Sunarto, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Sabtu (24/6/2017).

Sunarto mengatakan sopir bus Rosalia Indah yang nyungsep di parit di Purbalingga, Imanudin, tergolong sopir baru. Yang bersangkutan baru bekerja di bus Rosalia Indah sejak tiga bulan terakhir. (baca: Korban Tewas Bertambah jadi 4 Orang, Salah Satunya Warga Klaten)

“Dia memang sopir baru. Baru lulus tes di Rosalia Indah tiga bulan lalu. Biasanya, perusahaan akan mencari penyebab kecelakaan terlebih dahulu,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, sempat mengecek kondisi beberapa bus milik PO Rosalia Indah di Ngringo, Jaten, Karanganyar, Kamis (15/6/2017). Hasil pengecekan itu, bus yang ada di PO Rosalia Indah dalam kondisi laik jalan.

“Pengecekan dilakukan guna mengingatkan ke manajemen PO agar angkutan Lebaran yang disiapkan dalam kondisi laik jalan. Secara umum, sudah memenuhi standar,” kata Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya