SOLOPOS.COM - Bus Kemenangan masuk jurang di Pati, Senin (27/1/2014). (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, PATI — Bus PO Kemenangan yang mengangkut 17 penumpang jurusan Jakarta-Madura, Senin (27/1/2014) pagi, masuk jurang di tepi jalur jalan Sukolilo-Pati, wilayah Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati, Jawa Tengah. Enam penumpang mengalami luka serius.

Kapolsek Sukolilo AKPP Suroyoto di Pati, Senin, menyatakan kecelakaan yang dialami bus PO Kemenangan tersebut, terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Insiden itu bermula kala bus berpelat nomor AE 7216 UN jurusan Jakarta-Madura melewati tikungan tajam dan turunan curam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bus tersebut, menurut dia, mencoba memilih jalur lewat Grobogan-Pati guna menghindari kemacetan arus lalu lintas di Demak dan Kudus akibat banjir yang terjadi di Kudus. Saat melewati turunan curam dengan posisi gigi tiga, katanya, sopir kehilangan kendali karena diduga bus mengalami rem blong.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sopir sudah berupaya menghentikan laju kendaraan dengan menabrakkan tiang telepon, namun bus tetap melaju,” ujarnya.

Bus yang dikemudikan M. Aidil Fitra, 49, warga Cicalengka, Kabupaten Bandung itu, akhirnya terhenti setelah menabrak rumpun bambu. Namun, bus itu lalu terguling dan masuk ke jurang sedalam 10 meter di tepi kanan jalur jalan. Proses evakuasi korban, katanya, berjalan sekitar 1 jam. Sekitar pukul 10.00 WIB, semua penumpang berhasil dievakuasi.

Belasan penumpang bus nahas tersebut berhasil dikeluarkan lewat kaca depan bus yang pecah. Evakuasi korban, lanjut dia, melibatkan personel kepolisian, warga, dan petugas medis dari Puskesmas Sukolilo. Korban selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Sukolilo, Pati, untuk mendapatkan perawatan.

Akibat kecelakaan tersebut, bus mengalami kerusakan parah pada bagian depan dan sisi kanan badan bus. Arus lalu lintas yang melintasi Jalan Sukolilo-Pati tersebut, tidak terganggu oleh peristiwa kecelakaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya