Kecelakaan Maut Balikpapan, Lakukan Ini Saat Rem Blong

Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang wajib dilakukan ketika menghadapi rem blong sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang dapat terjadi.

 Pedal Rem (Nissan.co.id)

SOLOPOS.COM - Pedal Rem (Nissan.co.id)

Solopos.com, SOLO — Penyebab kecelakaan maut yang terjadi di lampu merah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA diduga akibat rem blong. Peristiwa itu menyebabkan 4 orang meninggal dan 31 orang harus dirawat di rumah sakit.

Lantas apa itu rem blong yang sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Rem blong seperti dikutip dari laman Nissan, adalah disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

PromosiPerempuan dalam Pusaran Terorisme

Sebenarnya rem blong dapat diantisipasi apabila melakukannya dengan benar dan tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang wajib dilakukan ketika menghadapi rem blong sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang dapat terjadi.

1. Turunkan Gigi Persneling Secara Bertahap

Sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara dalam kecepatan tinggi. Ketika Anda mengetahui bahwa rem kendaraan mengalami blong, segera turunkan gigi persneling secara bertahap, dari tinggi ke rendah.

Ada kemungkinan bahwa putaran RPM (rotasi per menit) akan sangat tinggi ketika Anda menurunkan gigi. Hal tersebut tidak masalah selama Anda menurunkannya secara perlahan. Teknik ini biasa disebut sebagai teknik pengereman mesin.

Baca juga: Kecelakaan Maut Balikpapan, Begini Pengakuan Sopir Truk Tronton

2. Memanfaatkan Rem Tangan

Saat Anda melakukan pengereman mesin, imbangi juga dengan rem tangan. Rem tangan akan sangat efektif menurunkan kecepatan. Ada alasan mengapa rem tangan dilakukan pada langkah kedua, karena rem tangan akan langsung menghentikan ban.

Tentu bisa menyebabkan ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik. Oleh karena itu, turunkan dulu gigi baru manfaatkan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

3. Mesin Tetap Hidup

Kebanyakan orang panik dan langsung mematikan mesin ketika rem blong. Hal ini membuat Anda sulit untuk mengendalikan laju kendaraan, terutama pada mobil dengan power steering.

Jadi mesin tetap hidup dan perhatikan sisi samping kiri atau kanan Anda, lalu menepilah ketika memungkinkan. Apabila berada di sebelah kanan jalan dan tidak memungkinkan untuk menepi ke jalur lambat, tidak masalah bila Anda berhenti di sebelah kanan. Pastikan tanda darurat Anda menyala.

Baca juga: Jangan Lupa Lur! Cek Setang Secara Berkala Agar Aman Berkendara

4. Jauhkan Kaki dari Pedal Gas

Pastikan bahwa kaki tidak menginjak pedal gas sama sekali. Jauhkan kaki dari pedal agar terhindar dari faktor tidak sengaja menginjak pedal gas. Ketika kondisi di depan kendaraan aman, cek juga apakah ada sesuatu yang menghalangi atau mengganjal pedal rem.

5. Guncangkan Pedal Rem

Coba juga untuk mengguncangkan pedal rem. Ada kemungkinan bahwa rem blong terjadi hanya sementara karena kesalahan pada sistem. Meskipun sistem pengereman sudah berfungsi setelah Anda mengguncangkan rem, sebaiknya hindari untuk mengendarai kendaraan langsung apalagi untuk kecepatan tinggi. Sangat disarankan untuk pergi ke bengkel terdekat agar dilakukan penanganan.

6. Usaha Terakhir, Benturkan

Mobil tetap tak bisa berhenti? Usaha terakhir adalah menabrakkannya ke sesuatu yang lunak. Sangat disarankan untuk memerosokkan mobil ke area berlumpur. Bila tidak memungkinkan, benturkan pada pasir, pagar kayu, atau hal lain yang aman untuk berbenturan.

Tidak panik adalah kunci dalam melakukan semua langkah di atas. Anda sebagai pengemudi, adalah penentu keselamatan penumpang. Memperlambat kelajuan kendaraan merupakan satu-satunya cara untuk menjamin keselamatan Anda dan penumpang.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Daftar Mobil Pikap Bekas Untuk Usaha, Harga di Bawah Rp50 Juta

Di pasaran banyak dijual mobil pikap bekas dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan ada yang di bawah Rp50 jutaan.

Ini Dia DFSK Gelora E Yang Siap Mendukung KTT G20

DFSK Gelora E cocok digunakan sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan KTT G20 yang nyaman dan ramah lingkungan

Sejarah Mobil di Dunia Dimulai Pada 1769 dari Negara Ini

Keberadaan mobil yang saat ini terdiri dari berbagai merek dan varian tidak terlepas dari sejarah awal penemuan mobil.

Pelat Nomor Berwarna Putih Berlaku Pertengahan 2022, Catat!

Korlantas Polrsi segera menerapkan kebijakan plat nomor putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan bermotor mulai pertengahan 2022

Anak Pandai Besi, Soichiro Wujudkan Mimpi Raih Sukses Bersama Honda

Sukses hanya satu persen dari pekerjaan dan sisanya adalah berani mengatasi rintangan. Itu adalah prinsip Soichiro Honda yang mewujudkan mimpi bisa mendirikan Honda Motor Company walau dia terlahir sebagai anak seorang pandai besi.

Ini Harga OTR di Jateng Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Sebelum mengetahui harga on the road atau OTR di Jateng, simak terlebih dulu sejumlah penyegaran di model anyar Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ini.

Digelar di Tawangmangu, Deklarasi CB150X Chapter Jawa Tengah Meriah

Sepeda motor sport adventure CB150X kian menjadi sorotan sebagai idaman bagi anak muda sejak diluncurkan secara Regional Jawa Tengah pada Desember lalu. 

Ini Tips Merawat Mobil Tetap Prima Setelah Mudik

Berikut ini beberapa tips merawat mobil agar tetap prima dan siap digunakan beraktivitas kembali dari Daihatsu.

Ini Penyebab Rantai Sepeda Motor Cepat Kendur

Masalah yang sering atau umum terjadi pada rantai adalah kendur atau melar. Penyebabnya banyak faktor.

Penjualan Daihatsu Hingga April 2022 Cetak Market Share 19,5%

Penjualan Daihatsu hingga April 2022 mencatatkan tren pertumbuhan positif.

Kenapa Pembatas Jalan Berwarna Hitam Putih, Mau Tahu Jawabannya?

Rambu yang melekat pada jalan warnanya hanya hitam, putih dan kuning. Termasuk juga pembatas jalan yang berwarna hitam putih.

Motor Baru Tak Boleh Buat Boncengan? Ini Lho Penjelasannya

Sepeda motor baru boleh buat boncengan? Pertanyaan ini sering muncul ketika baru saja membeli sepeda motor baru.

Porsche Luncurkan Model Mobil E-Hybrid di Indonesia

Model Cayenne dan Panamera E-Hybrid melengkapi Taycan serba listrik sebagai komponen utama dari strategi E-Performance Porsche Indonesia.

Subaru Luncurkan Forester Generasi Kelima di Indonesia

Subaru melalui PT Plaza Auto Mega sebagai agen pemegang merek (APM), meluncurkan The All New Subaru Forester generasi kelima di Indonesia.

Sedan Listrik CO1 Harganya Rp392 Juta, Ini Spesifikasinya

Leapmotor China menghadirkan sedan listrik C01 yang dapat melesat dari 0-100 km per jam hanya dalam tiga detik.

Sebelum Ganti Oli Setelah Mudik, Simak Tips Pengecekan Berikut Ini

Pertanyaan yang kerap bikin penasaran adalah perlukah ganti oli setelah mudik?