SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung melihat keindahan alam di sekitar Pantai Timang, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Jumat (13/5/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Kecelakaan laut Gunungkidul dicegah dengan berbagai cara.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Persiapan menyambut libur lebaran tidak hanya dilakukan oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul. Pasalnya, SAR Satlinmas Wilayah II juga melakukan berbagai antispasi untuk mengurangi risiko kecelakaan selama musim liburan itu.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan sejak H-7 hingga H+7 lebaran seluruh personel diterjunkan untuk menjaga pengamanan di kawasan pantai mulai Poktunggal hingga Gesing. Pengamanan dilakukan guna mengurangi risiko kecelakaan dan memberikan pertolongan saat terjadi insinden.

“Sama seperti tahun-tahun diprediksi akan ada lonjakan pengunjung secara signifikan,” kata Marjono kepada wartawan, Selasa (20/6/2017).

Dia menjelaskan, untuk pengawasan sebelum lebaran, setiap personel SAR akan dilakukan secara bergantian. Namun saat memasuki lebaran hingga H+7, seluruh personel yang berjumlah 55 relawan akan diterjunkan secara penuh.

“Untuk antisipasi di titik-titik bahaya di kawasan pantai, kami juga sudah bekerja sama dengan Jasa Raharja melakukan memasang papan-papan peringatan tanda bahaya,” katanya.

Data Laka Laut selama libur  Lebaran
Tahun       Laka                    Serangan Inpes
2013          15 kejadian      547 korban
2014          10 kejadian      65 korban
2015          11 kejadian      577 korban
2016          5 kejadian        80 korban

Sumber: SAR Satlinmas Wilayah II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya