SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenggelam. (Medicalnewstoday.com)

Kecelakaan laut mengalami peningkatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Tren kecelakaan laut di Gunungkidul meningkat beberapa tahun terakhir. Kenaikan kasus kecelakaan laut seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke wilayah ini.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Peningkatan kasus kecelakaan laut kata dia terjadi seiring meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Gunungkidul. Namun Kepala Kantor Satpol PP Gunungkidul Agus Hartadi mengklaim, tren korban yang diselamatkan anggota SAR juga meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya kendati jumlah kasus kecelakaan naik.

Ekspedisi Mudik 2024

Padahal kata dia, Gunungkidul hanya memiliki 86 anggota SAR yang bertugas menjaga pantai sepanjang 74 kilometer. Mulai dari Pantai Parang Endog di Kecamatan Purwosari hingga Songbanyu di Girisubo.

“Dari sisi kuantitas kami memang hanya punya 86 anggota meski pantainya panjang. Tapi kami utamakan kualitas. Karenanya banyak bimbingan teknis yang kami berikan untuk anggota SAR,” paparnya.

Selain menyiapkan kualitas sumber daya manusia anggota SAR, pemeirntah juga melengkapi dengan sarana prasarana seperti perahu tempel dan jet  ski untuk mempercapat pertolongan pada korban kecelakaan laut. Di DIY kata Agus, baru Gunungkidul yang dilengkapi dengan perahu cepat jet ski.

Sementara itu pada Rabu, Pemkab Gunungkidul menerima kunjungan dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Pertemuan itu untuk membahas kerja-kerja kolaborasi yang dapat dilakukan dalam penanganan keselamatan dan keamanan dari kecelakaan laut di Gunungkidul.

Direktur Kerjasama Bakamla Sandi mengatakan, lembaga bertangungjawab langsung ke presiden dan bertugas mendukung keselamatan dan keamanan di sektor kelautan. Misalnya keamanan dan keselamatan nelayan dari kecelakaan laut. “Kami baru penjajakan dengan Gunungkidul, apa-apa saja yang bisa dikerjasamakan. Selama ini kami turut memberi bantuan terkait keselamatan nelayan seperti life jacket [baju pelampung],” papar Sandi.

Di DIY, Bakamla telah bekerjasama dengan Kabupaten Bantul dan akan memulai untuk kedua kalinya dengan Gunungkidul. Di Gunungkidul yang memiliki pantai terpanjang di DIY dianggap penting menjadi perhatian berbagai sektor dalam pencegahan kecelakaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya