SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google.img)

Solopos.com, KLATEN — Sebuah truk yang mengangkut bekatul masuk jurang karena tidak kuat melewati tanjakan di sekitar Jembatan Kaliwuluh, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Selasa (28/1/2014). Beruntung, dua penumpang di dalam truk selamat dalam kejadian itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, dua penumpang truk Mitsubishi berpelat nomor K 1619 JF itu adalah Sunarti, 57, dan Mukimin, 44, warga Kecamatan Purwodadi, Grobogan. Keduanya mengalami luka serius karena truk masuk jurang sedalam 30 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga yang mengetahui kejadian itu melapor kepada Relawan Turahan Awu Merapi dan Polsek Kemalang. “Tiga anggota Turahan Awu bersama warga Tlogowatu langsung mengevakuasi korban yang masih berada di dalam truk. Kami terpaksa mencari jalur alternatif sekitar 50 meter dari lokasi, yang merupakan jalan untuk tambang galian C,” kata Koordinator Relawan Turahan Awu Merapi, Suharno, kepada wartawan, Selasa (28/1/2014).

Upaya mereka untuk mengeluarkan kedua korban akhirnya berhasil setelah satu jam evakuasi. Suharno juga menyatakan kondisi truk yang dikemudikan Mukimin rusak parah walaupun tidak terbalik. Kaca depan pecah dan bak truk rusak. Muatan bekatul sekitar dua ton juga tumpah di dasar jurang tersebut.

Sedangkan berdasarkan informasi dari Polsek Kemalang, kejadian berawal ketika kedua korban dalam perjalanan mengantarkan bekatul untuk pakan ternak sekitar pukul 04.15 WIB, Selasa. Mereka melewati Jembatan Kaliwuluh, yang merupakan jalur lintas Boyolali-Klaten. Saat mendekati lokasi kejadian, kontur jalan yang menurun kemudian menanjak membuat truk sulit dikendalikan sehingga mengalami kecelakaan tunggal.

“Dugaan kami, kecelakaan itu disebabkan jalan yang menikung dan menanjak sehingga sopir tidak bisa mengendalikan kemudi. Bisa juga sopir mengantuk sehingga kaget dan masuk ke jurang yang berada di sebelah kiri jalan. Evakuasi korban sudah kami lakukan dengan masyarakat setempat. Kedua korban lalu kami bawa ke rumah sakit Tegalyoso [Rumah Sakit dr. Soeradji Tirtonegoro] untuk mendapat perawatan,” kata Kapolsek Kemalang, AKP Suyono, kepada wartawan, Selasa.

Ia menambahkan Sunarti mengalami luka di wajah tepatnya di bibir bawah dan patah tulang di bagian pangkal paha kiri. Sedangkan Mukimin mengalami patah tulang pada lutut kiri. Keduanya sempat mendapatkan perawatan di RSST Klaten, namun kemudian minta rujukan ke RS Ortopedi Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya