KECELAKAAN KARANGANYAR : Disenggol Trailer, Truk Gandeng Terguling

KECELAKAAN KARANGANYAR : Disenggol Trailer, Truk Gandeng Terguling

SOLOPOS.COM - Truk gandeng berpelat nomor N 9381 UR yang mengangkut 15 ton kayu olahan bahan baku tripleks terguling di Jalan Lingkar Selatan, Lalung, Karanganyar, Sabtu (22/10/2016) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Kecelakaan Karanganyar, kedua truk berjalan bersimpangan di jalur yang sempit dan bersenggolan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebuah truk gandeng yang mengangkut kayu olahan bahan tripleks terguling di Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di tikungan sebelah utara Waduk Lalung, Karanganyar, Sabtu (22/10/2016) siang.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam insiden itu. Tapi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat tersendat. Butuh waktu beberapa jam untuk mengevakuasi badan truk karena berukuran cukup besar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian, kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu truk gandeng yang disopiri Momon Wibowo, 36, warga Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolonggo, Jawa Timur (Jatim), melaju lambat dari arah barat ke timur.

Dari arah berlawanan melaju truk trailer tanpa muatan. Lantaran badan jalan sempit, Momon memperlambat laju kendaraan, lalu mengambil posisi ke pinggir jalan.

Sedangkan truk trailer yang tak diketahui identitas sopirnya berusaha melalui jalur yang sempit. Bagian belakang truk trailer menyenggol bagian depan truk gandeng. Akibatnya bagian depan truk gandeng terperosok ke saluran irigasi, dan area persawahan.

Beruntung Momon dan kernetnya, Edy Suprapto, 30, warga Jati, Probolinggo, selamat. “Kalau truk gandeng kan tidak bisa mundur pak. Harusnya truk trailer yang mundur, kan tidak bawa muatan. Tapi dia tidak mau mengalah. Jadinya bagian belakang truk trailer menyenggol truk saya. Akhirnya kami terguling ke saluran irigasi sawah,” ujar Momon.

Begitu truk terguling, Momon dan Edy yang berada di bagian depan truk terjerembab. Mereka keluar sendiri dari truk lantaran saat kejadian tidak orang di sekitar lokasi kecelakaan. “Tidak apa-apa, tidak luka. Hanya dompet saya masih tercecer ini,” tutur dia.

Sedangkan Edy Suprapto menuturkan mereka dalam perjalanan dari Pasirian, Lumajang, Jatim. Sedianya bahan baku tripleks dikirim ke pabrik PT Prima Parquet Indonesia (PPI) di Popongan, Karanganyar. Mereka cukup sering lewat jalan tersebut.

Kasatlantas AKP Ahdi Rizaliansyah, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, mengatakan evakuasi truk memakan waktu cukup lama lantaran besarnya badan truk dan muatannya. Dia mengimbau pengguna jalan selalu berhati-hati selama dalam perjalanan.

“Perhatikan rambu-rambu yang sudah kita pasang. Kita akan perbanyak lagi rambu-rambu yang dipasang. Kita akan bekerja dengan Pemkab untuk mencegah kecelakaan,” ujar dia didampingi Kanitlaka Ipda Maryadi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Innalillahi, Perawat RSUD Bung Karno Solo Yang Tengah Hamil Meninggal Positif Corona

Seorang perawat RSUD Bung Karno Solo yang tengah hamil meninggal setelah terkonfirmasi positif virus corona.

Bikin Miris, Varian Delta Telah Menyebar ke Hampir Seluruh Pelosok Indonesia

Laporan tersebut patut menjadi perhatian bersama mengingat potensi penularan varian baru corona di Indonesia masih sangat tinggi.

Duh, Minta Sertifikat Vaksinasi, Mahasiswa Malah Kena Bogem Satpam GBK

korban sempat diintimidasi untuk tidak melaporkan kasus ini ke aparat kepolisian. 

Sopir Truk Bermuatan Susu Meninggal Mendadak di Jalan Tol Sragen

Sopir truk bermuatan susu Sukamto, 42, warga Salatiga, meninggal mendadak dalam perjalan di jalan tol, tepatnya di km 544 B, Sambungmacan, Sragen.

50 Persen Pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Pilih Tak Jualan, Ini Alasannya

Separuh atau 50% pedagang Pasar Ir Soekarno Sukoharjo memilih tak berjualan selama PPKM darurat hingga PPKM Level 4.

Awal Agustus, Penambahan Kasus Corona Jateng Tertinggi se-Indonesia

Penambahan kasus terkonfirmasi virus Corona di Jawa Tengah (Jateng) menjadi yang tertinggi di Indonesia pada Minggu (1/8/2021).

216 Warga Positif Covid-19 Klaten Isolasi di Donohudan, 47 Orang Sembuh

Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang.

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).