Kondisi mobil Daihatsu Sigra ringsek setelah mengalami kecelakaan karambol di ruas jalan raya Jogja-Solo, Dukuh Klitak, Desa Banaran, Kecamatan Delanggu, Senin (13/1/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Kecelakaan karambol melibatkan enam kendaraan terjadi di ruas jalan raya Jogja-Solo, Dukuh Klitak, Desa Banaran, Kecamatan Delanggu, Senin (13/1/2020). Kecelakaan lalu lintas yang tidak merenggut korban jiwa itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Enam kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas terdiri dari empat mobil pribadi, satu truk, dan satu truk tronton. Semua kendaraan sama-sama melaju dari arah Klaten menuju Delanggu.

Kecelakaan lalu lintas di Klaten itu bermula ketika mobil Suzuki Ertiga berhenti di median jalan hendak berbalik arah. Melihat mobil tersebut berhenti, Hermawan Dwi Asmara, 48, warga Kecamatan/Kabupaten Bantul, DIY, pengemudi Toyota Kijang Innova bernopol AB 1601 KT berhenti.

Kendaraan di belakang mobil Kijang Innova, Daihatsu Sigra bernopol AB 1894 AW yang dikemudikan Sutarno, 35, warga Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY, juga ikut berhenti. Nahas, mobil Daihatsu Sigra tiba-tiba ditabrak truk tronton.

Truk tronton bernopol H 1898 EY yang dikemudikan Rico Setiawan, 19, warga Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten secara tiba-tiba menabrak Daihatsu Sigra yang berhenti hingga menyundul bagian belakang mobil Toyota Kijang Innova.

"Di depan saya ada Ertiga mau putar balik. Saya menghentikan laju kendaraan biar aman termasuk Sigra yang di belakang saya. Tahu-tahu ada Tronton yang menyudul Sigra kemudian mengenai bagian belakang mobil saya," kata Hermawan saat ditemui Solopos.com di Unit Laka Satlantas Polres Klaten.

Di belakang truk tronton, ada truk berpelat AD 1559 VC yang dikemudikan Andono Catur Prayitno, 52, warga Kecamatan Pedan, Klaten. Awalnya Andono berniat menghindari bagian belakang truk tronton yang ada di depannya dengan membanting setir ke sisi kiri jalan.

Nahas, jarak yang terlalu dekat, sisi kanan truk yang dikemudikan Andono menabrak bagian belakang truk tronton. Di belakang truk, Imam Wahyudi, 51, warga Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur sudah menghentikan laju kendaraannya, Toyota Calya bernopol L 1064 XS.

Tetapi, secara tiba-tiba mobil Grand Livina bernopol AB 1232 IY yang dikemudikan Martejo, 48, warga Gondomanan, Jogja, DIY, menabrak bagian belakang Toyota Calya milik Imam Wahyudi.

Akibat kejadian itu, sejumlah kendaraan mengalami kerusakan. Kerusakan terparah pada Daihatsu Sigra yang ringsek pada bagian depan.

10 Bus Sugeng Rahayu Diteror di Solo, Pelaku Masih Samar

Truk yang dikemudikan Andono rusak pada bagian depan dengan kaca pecah. Beruntung tidak ada korban jiwa atau terluka akibat kecelakaan itu.

Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, melalui Kanitlaka Satlantas Polres Klaten, Iptu Panut Haryono, menjelaskan seluruh kendaraan beserta pengemudi sudah berada di Unitlaka untuk dilakukan proses mediasi.

"Imbauan kami tetap berkonsentrasi selama berkendara," kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten