SOLOPOS.COM - Kondisi angkutan kota yang ditabrak truk di Cianjur, Sabtu (30/7/2016). (JIBI/Solopos/Detik)

Kecelakaan Cianjur terjadi di jalur Gekbrong menewaskan 10 orang.

Solopos.com, CIANJUR — Truk tronton yang dikemudikan Asep Suhandi, 35, mengalami kecelakaan di Bangbayang, Gekbrong, Cianjur, Sabtu (30/7/2016) pagi. Truk menghantam kendaraan sepeda motor, angkutan kota dan berhenti setelang menghantam rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jalur Gekbrong telah lama dikenal sebagai jalur angker bagi para pengemudi truk. Catatan Antara, kecelakaan di jalur maut Gekbrong terjadi beberapa kali dan menewaskan puluhan orang, bahkan dua tahun yang lalu hal yang hampir sama menyebabkan 18 orang tewas di jalur tersebut, di mana sebagian besar kecelakaan terjadi akibat rem kendaraan blong.

Kontur jalan dari arah Sukabumi yang menurun tajam dan panjang, diduga penyebab rem kendaraan besar seperti truk dan bus kerap tidak berfungsi, tidak adanya lokasi buangan atau area penyelamat di sepanjang jalur tersebut membuat sopir kehilangan kendali saat terjadi rem blong.

Laporan Detik, dalam laka maut itu empat orang meninggal di tempat dan enam orang meninggal saat dalam perawatan medis. Selain itu terdapat tiga korban luka berat dan enam lainnya luka ringan.

Tiga korban luka berat masing-masing Asep Suhandi, 35 sopir truk, Jujun, 30, kernet dan Ade Irawan yang diduga saat kejadian berada di dalam bengkel yang tertabrak truk nahas itu.

Salah seorang pengguna jalan yang berada di belakang angkot, Ginda, 26, menyebut, truk nahas itu memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Tiba-tiba membanting setir ke kanan dan menabrak angkot lalu berhenti setelah menabrak rumah di kanan jalan.

“Truk kecepatan tinggi dari arah Sukabumi menuju Warungkondang Cianjur, lalu tiba-tiba pas di lokasi dia banting setir ke kanan jalan menabrak angkot dan motor dari arah berlawanan. Motor sempat terseret beberapa meter dan berhenti setelah truk menabrak rumah,” kata Ginda..

Saksi lainnya, Andi, 30, mengaku juga menyaksikan langsung saat truk tersebut oleng menabrak empat sepeda motor dan satu angkot. Andi yang saat kejadian berada di belakang angkot langsung memarkirkan kendaraannya dan ikut turun menyelamatkan korban.

“Ada korban yang posisinya berada di bawah angkot. Sopir angkot tak sadarkan diri. Saya juga liat ada korban lain yang bergelimpangan di jalan. Saya langsung ikut geser-geser tubuh korban di tengah jalan, motornya ringsek,” tutur Andi.

Andi mengaku tak mengetahui kondisi dan jumlah pasti penumpang di dalam angkot. karena begitu kejadian warga setempat langsung melakukan evakuasi penumpang dalam kendaraan tersebut.

“Suasananya panik, saya sendiri sampai gemetaran ngeliat banyaknya tubuh korban yang bergelimpangan. Gak sempat menghitung korban di dalam angkot, saya fokus bantuin sopir angkot juga tergencet. Kondisinya tak sadarkan diri,” lanjutnya.

Sopir angkot jurusan Cianjur Gekbrong itu diketahui bernama Komar, warga Kampung Cicariang RT 002/RW 007 Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang. Komar tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Sementara itu, PMI Kabupaten Cianjur masih melakukan proses identifikasi terhadap sejumlah korban yang meninggal. Hingga saat ini korban yang sudah dikenali masih berjumlah 8 orang.

“Anggota masih berada di Instalasi kamar jenazah, ada dua korban lagi yang masih belum dikenali. Kita standby disini menunggu kemungkinan kerabat korban yang datang memeriksa,” kata Kepala Markas PMI Cianjur Herry Hidayat.

Berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, 10 orang tewas. Sebagian di antaranya pelajar. Berikut nama-nama korban tewas akibat kecelakaan yang sudah diidentifikasi.

1. Muhammad Iam, 11
2. Marsa, 4
3. Siti Aminah, 16
4. Siti Fatmawati, 13
5. M Yusep, 16
6. Herdiana, 34
7. Komar
8. Aisyah, 35

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya