Kecelakaan Boyolali: Rem Blong, Truk Kontainer Terguling ke Sawah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI - Truk kontainer yang mengangkut minuman dalam kemasan terguling di jalan Semarang-Solo, tepatnya di depan Mapolsek Banyudono, Boyolali, Rabu (11/4/2018). Diduga, kecelakaan tunggal itu disebabkan rem tidak berfungsi alias blong.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kecelakaan itu terjadi pada pagi hari di saat pegawai, karyawan, dan anak sekolah menuju tempat tujuan masing-masing. Saat itu truk yang dikemudikan Heri Heriyanto, 38, warga Ngawi (Jawa Timur) melaju dari arah Semarang menuju arah Solo.

Sesampainya di dekat lokasi, tiba-tiba dia merasakan rem tidak berfungsi dengan baik. Meski sudah berusaha memperlambat kendaraan dengan cara mengurangi persneling, truk berpelat B 9838 JH itu tetap melaju.

Padahal di depannya ada banyak karyawan pabrik yang sedang menyebarang jalan. Heri pun kemudian berusaha menghentikan kendaraan secara paksa dengan cara memepetkan badan truk ke pembatas besi di sisi kiri jalan atau di sisi utara jalan. Nahas pembatas besi tersebut tak kuat menahan beban truk yang berat tersebut hingga terguling ke sawah. 

Beruntung, Heri selamat dalam peristiwa itu meski truk mengalami kerusakan. Menurut Heri, penyelamatan ini harus dipilih meski sebenarnya berisiko bagi dirinya. Tetapi pilihan ini dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan yang lebih besar yang menungkinkan adanya banyak korban jiwa.

Kanit Lakalantas pada Satlantas Polres Boyolali Ipda Utomo mewakili Kasatlantas AKP Marlin S Payu mengatakan, kecelakaan itu diduga akibat rem blong sehingga pengemudi berusaha menghentikan kendaraan dengan cara memepetkan bodi ke pembatas jalan. “Dugaan sementara karena rem blong dan upaya evakuasi dilakukan menggunakan crane,” ujarnya saat dikonfirmasi Solopos.com


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Gelegar Pidato Tuntas Tandai Kelahiran PKR sebagai Partai Wong Cilik

Ketua Tikus Pithi Hanata Baris, Tuntas Subagyo, mendeklarasikan pembentukan Partai Kedaulatan Rakyat atau PKR di Hotel Adhiwangsa, Solo.

Terharu, Eks Napi Teroris Sukoharjo Bacakan Ikrar Sumpah Pemuda

Dalam catatan Solopos.com, sebelum insyaf Roki Aprisdianto adalah otak sejumlah aksi terorisme di wilayah Solo dan sekitarnya.

Pohon Asam Raksasa di Taskombang Klaten Dikenal Angker

Warga sekitar pohon asam raksasa di Taskombang tidak ada yang berani memotong kayu untuk dibawa pulang ke rumah.

BPJS Apresiasi Layanan JKN KIS 2 Faskes di Grobogan, Mana Saja?

BPJS Kesehatan Cabang Kudus memberikan apresiasi kepada dua faskes yang berkomitmen baik dalam pelayanan peserta JKN KIS di Kabupaten Grobogan.

Menkominfo: 92 Tahun Sumpah Pemuda, Makin Digital Makin Maju!

Menteri Kominfo ajak pemuda kuasai ruang digital.

Polisi Tangkap 72 Anggota Perguruan Silat di Jatim, Ini Alasannya

Sebanyak 72 anggota perguruan pencak silat atau pesilat di Jawa Timur (Jatim) diringkus aparat polisi.

Pos Polisi di Aceh Barat Diberondong OTK, 2 Pelaku Diduga Gunakan AK-47

Tidak ada anggota polisi yang tertembak dalam insiden penyerangan Pos Polisi di Aceh Barat, pada Kamis (28/10/2021), tetapi polisi menduga pelaku menggunakan senapan serbu AK-47.

6 Bulan Penyebab Kematian Nailah Peserta Diksar Menwa UMS Jadi Misteri

Penyebab kematian mahasiswi bernama Nailah Khalisah, pada hari terakhir Diksar Menwa UMS 2021, enam bulan lalu, belum terungkap.

Gede Banget, Pohon Asam di Taskombang Klaten Diyakini Berusia 200 Tahun

Selain berdiameter lebih dari 3 meter, konon pohon asam itu pernah tumbang namun tiba-tiba bisa berdiri lagi sendiri.

Catat, Begini Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi di BTN

Banyak lembaga keuangan yang menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan rumah idaman, termasuk untuk generasi milenial dan Z.

Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Indonesia memiliki bonus demografi yang mendukung pembentukan ekosistem digital yang berkelanjutan dengan mayoritas penduduk generasi Z dan milenial.

Ini Dia Empat Pahlawan Nasional yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada empat pejuang tersebut tertuang dalam Keppres No.109/TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

4 Tokoh Ini Akan Terima Gelar Pahlawan Nasional, 2 dari Pulau Jawa

Pemerintah akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh ini, dua di antara berasal dari Pulau Jawa.

Seorang Ibu di Sragen ini Laporkan Aktivitas Galian C ke Polisi

Seorang perempuan petani di Sragen merasa dirugikan dengan aktivitas penambangan galian C di samping sawahnya.

Tips Hindari Aksi Fakir Sinyal Pembobol Wifi

Cara menghindari pembobolan jaringan wifi.