SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, BOYOLALI — Truk tangki bermuatan premiun berpelat H 1830 EF, Kamis (7/11/2013), tertabrak truk bermuatan sepeda motor pelat B 9726 UQ, di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di kawasan depan Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Teras, Boyolali. Akibatnya, tangki bocor dan premium tumpah hingga ruas jalan di sana ditutup selama empat jam.

Kapolres Boyolali AKBP Budi Haryanto melalui Kasatlantas Polres Boyolali AKP Alil Rinenggo menerangkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.40 WIB. Bermula dari truk tangki keluar dari terminal BBM.
Truk yang dikemudikan Jono Waryanto, 52, warga Klaten, itu melaju ke arah timur menuju Solo. Baru menempuh jarak sekitar 600 meter dari pintu keluar terminal BBM, truk tersebut tertabrak truk bermuatan sepeda motor yang dikemudikan Afril Tigo, 27, warga Slawi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepada petugas, lanjut Alil, Afril Tigo mengaku menghindari sepeda motor. “Pengakuannya seperti itu. Kronologinya, truk bermuatan sepeda motor itu menyalip truk tangki dari sisi kiri,” terang Alil saat dihubungi Solopos.com.

Besi penyangga truk pengangkut motor menusuk bagian kiri sisi belakang tangki premium tersebut. Akibatnya, terus Alil, sekitar 500 liter premium dari tangki tersebut tertumpah. “Kapasitas tangki 18 kiloliter. Tapi karena tangki dibagi menjadi tiga sekat maka premium di bagian sekat paling belakang lah yang tumpah,” tambahnya.

Beruntung, lokasi kejadian tak jauh dari terminal BBM. Perangkat keselamatan untuk menangani kecelakaan truk tangki pun segara dikerahkan.

Alil menyebut butuh empat jam mengalihkan arus lalu lintas Semarang-Solo ke lajur Solo-Semarang, atau jalur bagian selatan. Sementara jalur utara disterilkan dengan standar operasi penanganan kecelakaan tangki. “Sekitar 500 liter yang tumpah, tapi tumpahan hingga ke selokan-selokan,” tandas Alil.

Dia memastikan tak ada korban luka dan jiwa dari kejadian itu. Sepeda motor yang diangkut truk tadi pun disebut Alil tak satu pun terjatuh ke jalan. “Kerugian materiil saja,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya