Tutup Iklan

Kecelakaan Bos Indomaret: Pakai SUV Hyundai, Ini Fitur Keselamatannya

Bos Indomaret meninggal dalam kecelakaan di tol mengendarai SUV Hyundai yang memiliki fitur keamanan cukup.

 Mobil yang dikemudikan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang arah Jakarta pada Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Mobil yang dikemudikan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang arah Jakarta pada Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Polisi menyebutkan kecelakaan di Tol Cipularang arah Jakarta, Sabtu (16/10/2021), mengakibatkan korban tewas yakni pengemudi SUV Hyundai. Belakangan diketahui pengemudi itu adalah Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian. Berikut fitur kemanana mobil SUV Hyundai.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Minggu (17/102021), ada dua jenis SUV atau Sport Utility Vehicle yang dipajang di laman Hyundai. SUV itu adalah Santa Fe dan Palisade.

Santa Fe

Pada jenis Santa Fe, Hyundai membekali disebut menggunakan smart technology used wisely atau dirancang untuk meminimalisasi faktor risiko di sekitar saat mengemudi. Mobil yang menyediakan tujuh kursi penumpang dan satu kursi sopir ini juga menggunakan teknologi surround view monitor atau SVM.

Baca Juga: Ini Data Tol Cipularang, Tempat Bos Indomaret Berpulang

Ada empat kamera HD yang terpasang pada sisi depan, samping dan belakang yang mana membuat pengemudi bisa melihat kondisi di sekeliling mobil.

Santa Fe juga dibekali sistem untuk mendeteksi tanda jalur untuk memantau posisi kendaraan tetap di jalur awal. Sistem ini bisa mengingatkan pengemudi jika mobil berjalan meninggalkan jalur tanpa lampu sein dan secara otomatis akan mengarahkan pengemudi kembali ke jalur semestinya.

Ada juga teknologi lane following assist atau LFA yang menempatkan kamera depan untuk mendeteksi garis marka serta kendaraan lain yang ingin mendahului dari samping.
Jika fitur ini aktif, steering assistance bisa memastikan pengemudi tetap berada di dalam garis marka.

Baca Juga: Mobil Tertimpa Truk, Bos Indomaret Meninggal di Tol Cipularang

SUV Hyundai Santa Fe juga dibekali rear cross-traffic collision-avoidance assist atau fungsi peringatan kepada pemudi jika terdeteksi ada risiko benturan dari sisi kanan dan kiri saat mobil dala posisi mundur.

Berikutnya, teknologi blind spot collision avoidance assist juga ada di mobil ini. Ini adalah sistem deteksi benturan dengan kendaraan dari sisi belakang saat pengemudi menyalakan lampu sein untuk pindah jalur. Sistem ini akan mengingatkan pengemudi jika ada risiko benturan dari sisi belakang saat keluar dari tempat parkir pararel.

Baca Juga: Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Juga safe exit assist atau sistem yang ampu mendeteksi kendaraan mendekat dari sisi belakang saat penumpang di belakang membuka pintu hendak keluar mobil. Ada pula fitur keselamatan bernama forward collision avoidance assist yang mampu mendeteksi risiko benturan dari arah depan, seperti risiko ada pejalan kaki atau kendaraan tiba-tiba berhenti di depan mobil.

Berikutnya adalah fitur blind spot view monitor. Semua fitur di atas diterangkan hanya ada di signature.

Palisade

Hyundai Palisade dibekali enam sistem airbang dan sistem keamanan aktif dengan teknologi canggih. Teknologi itu adalah blind spot collision warning atau sensor radar di bumper belakang, safe exit assist, rear parkir distance warning, rear cross traffic collision warning.

Baca Juga: Bus-Bus di Indonesia Minim Fitur Keselamatan, Risiko Kecelakaan Tinggi

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil SUV yang dikemudikan Direktur Indomaret Yan Bastian tertimpa truk kontainer yang terguling di Km 91 Tol Cipularang. Akibat tertimpa truk kontainer, mobil SUV Hyundai tertimpa dan pengemudi meninggal.

Ada delapan orang di dalam mobil tersebut. Polisi menyebut tujuh penumpang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Fitur-Fitur Keselamatan Mitsubishi New Triton

“Di Hyundai delapan orang, pengemudinya yang meninggal, lainnya luka ringan dibawa ke RS Abdul Radjak. Mereka satu keluarga: mertua, anak, dan cucu,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir saat dihubungi, Sabtu (16/10/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Wakil Astra Motor Jateng Juara di Kompetisi Instruktur Safety Riding

Danang Sri Haswara salah satu perwakilan Astra Motor Jateng dari dealer Ramayana Jebres Solo meraih juara 3 di Virtual Safety Riding Instructors Competition 2021.

Mini Jeep Willys Bertenaga Listrik Dijual Bebas, Harganya Rp55 Juta

Dalam IAM - IIMS Motobike Show belum lama ini, miniatur Jeep Willys lawas turut ditawarkan produsen gerobak listrik Gelis.

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Perlu diingat, mengendarai motor saat musim hujan diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi dibanding musim panas.

Ramalan di Balik Misi Suntik Mati Kendaraan Bensin dan Solar

Ramalan di balik skenario suntik mati kendaraan berbahan bakar minyak untuk misi pengurangan emisi karbon.

Modifikasi Toyota Yaris, Mirip Mobil Superhero Batman?

Modifikasi Toyota Yaris di Californias Amerika Serikat terbilang ekstrem sehingga terlihat nyleneh dan mirip mobil Batman.

Ini Spesifikasi Kawasaki Z800 yang Dibawa Kabur di Kartasura

Kawasaki Z800 sepeda motor sport dengan harga di atas Rp200 juta ini menarik perhatian penggemar motor gede di segmen street fighter.

40 Mobil Listrik Hyundai Dukung Pertemuan Sherpa Presidensi G20

Mobil resmi yang didukung Hyundai terdiri dari 20 unit IONIQ Electric dan 20 unit KONA Electric yang akan digunakan sebagai mobil operasional di ajang Sherpa G20.

Toyota Luncurkan All New Avanza dan All New Veloz di Candi Prambanan

Dipilihnya Candi Prambanan karena adanya semangat All New Avanza dan All New Veloz, sebagai produk MPV yang telah menemani keluarga Indonesia selama kurang lebih 18 tahun.

Matik Italia Aprilia SR GT Pesaing Honda ADV150?

Motor matik bergenre adventure kelas ringan, Honda ADV150 bakal punya pesaing, yakni Aprilia SR GT dari Italia.

Ini Kiat Lulus Ujian Teori & Praktik SIM C, Biar Enggak Bikin Malu!

Berikut ini terdapat tips dan trik agar lulus ujian teori dan praktik SIM C dengan baik. Kira-kira apa saja ya?

Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Persembahkan Kemenangan untuk Ayah

Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia.

Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.

Astra Motor Jateng dan Komunitas Honda CBR Dukung Pebalap Indonesia

Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah 35 anggota komunitas CBR dalam rangkaian kegiatan “Mandalika World Superbike 2021.

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendapat sambutan positif.

Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Selama event GIIAS 2021, Hyundai menampilkan jajaran produk EV andalan, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric.

Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia

Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.