Kecelakaan Bos Indomaret: Pakai SUV Hyundai, Ini Fitur Keselamatannya

Bos Indomaret meninggal dalam kecelakaan di tol mengendarai SUV Hyundai yang memiliki fitur keamanan cukup.

 Mobil yang dikemudikan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang arah Jakarta pada Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Mobil yang dikemudikan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang arah Jakarta pada Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Polisi menyebutkan kecelakaan di Tol Cipularang arah Jakarta, Sabtu (16/10/2021), mengakibatkan korban tewas yakni pengemudi SUV Hyundai. Belakangan diketahui pengemudi itu adalah Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian. Berikut fitur kemanana mobil SUV Hyundai.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Minggu (17/102021), ada dua jenis SUV atau Sport Utility Vehicle yang dipajang di laman Hyundai. SUV itu adalah Santa Fe dan Palisade.

Santa Fe

Pada jenis Santa Fe, Hyundai membekali disebut menggunakan smart technology used wisely atau dirancang untuk meminimalisasi faktor risiko di sekitar saat mengemudi. Mobil yang menyediakan tujuh kursi penumpang dan satu kursi sopir ini juga menggunakan teknologi surround view monitor atau SVM.

Baca Juga: Ini Data Tol Cipularang, Tempat Bos Indomaret Berpulang

Ada empat kamera HD yang terpasang pada sisi depan, samping dan belakang yang mana membuat pengemudi bisa melihat kondisi di sekeliling mobil.

Santa Fe juga dibekali sistem untuk mendeteksi tanda jalur untuk memantau posisi kendaraan tetap di jalur awal. Sistem ini bisa mengingatkan pengemudi jika mobil berjalan meninggalkan jalur tanpa lampu sein dan secara otomatis akan mengarahkan pengemudi kembali ke jalur semestinya.

Ada juga teknologi lane following assist atau LFA yang menempatkan kamera depan untuk mendeteksi garis marka serta kendaraan lain yang ingin mendahului dari samping.
Jika fitur ini aktif, steering assistance bisa memastikan pengemudi tetap berada di dalam garis marka.

Baca Juga: Mobil Tertimpa Truk, Bos Indomaret Meninggal di Tol Cipularang

SUV Hyundai Santa Fe juga dibekali rear cross-traffic collision-avoidance assist atau fungsi peringatan kepada pemudi jika terdeteksi ada risiko benturan dari sisi kanan dan kiri saat mobil dala posisi mundur.

Berikutnya, teknologi blind spot collision avoidance assist juga ada di mobil ini. Ini adalah sistem deteksi benturan dengan kendaraan dari sisi belakang saat pengemudi menyalakan lampu sein untuk pindah jalur. Sistem ini akan mengingatkan pengemudi jika ada risiko benturan dari sisi belakang saat keluar dari tempat parkir pararel.

Baca Juga: Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Juga safe exit assist atau sistem yang ampu mendeteksi kendaraan mendekat dari sisi belakang saat penumpang di belakang membuka pintu hendak keluar mobil. Ada pula fitur keselamatan bernama forward collision avoidance assist yang mampu mendeteksi risiko benturan dari arah depan, seperti risiko ada pejalan kaki atau kendaraan tiba-tiba berhenti di depan mobil.

Berikutnya adalah fitur blind spot view monitor. Semua fitur di atas diterangkan hanya ada di signature.

Palisade

Hyundai Palisade dibekali enam sistem airbang dan sistem keamanan aktif dengan teknologi canggih. Teknologi itu adalah blind spot collision warning atau sensor radar di bumper belakang, safe exit assist, rear parkir distance warning, rear cross traffic collision warning.

Baca Juga: Bus-Bus di Indonesia Minim Fitur Keselamatan, Risiko Kecelakaan Tinggi

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil SUV yang dikemudikan Direktur Indomaret Yan Bastian tertimpa truk kontainer yang terguling di Km 91 Tol Cipularang. Akibat tertimpa truk kontainer, mobil SUV Hyundai tertimpa dan pengemudi meninggal.

Ada delapan orang di dalam mobil tersebut. Polisi menyebut tujuh penumpang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Fitur-Fitur Keselamatan Mitsubishi New Triton

“Di Hyundai delapan orang, pengemudinya yang meninggal, lainnya luka ringan dibawa ke RS Abdul Radjak. Mereka satu keluarga: mertua, anak, dan cucu,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir saat dihubungi, Sabtu (16/10/2021).

Berita Terkait

Berita Terkini

Wacana Program Mobil Rakyat Bergulir, Ini Prediksi Penjualan Mobil di 2022

Proyeksi pasar juga tergantung dari persetujuan mobil rakyat yang tentunya akan berdampak positif bagi pasar otomotif tahun 2022 ini.

Jangan Lupa Lur! Cek Setang Secara Berkala Agar Aman Berkendara

Pengecekan setang secara berkala perlu dilakukan agar bisa berkendara secara aman.

Raih Market Share 17,5% pada 2021, Ini Produk Daihatsu Paling Digemari

Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2021 dengan capaian positif. Hal ini ditandai dengan hasil penjualan ritel dengan raihan 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5%.

AHM Sumbang 49% dari Total Ekspor Motor RI, Segmen Skutik Mendominasi

PT Astra Honda Motor (AHM) menutup tahun 2021 dengan catatan ekspor yang gemilang. Sebanyak 392.829 unit sepeda motor berhasil diekspor tahun lalu.

Yamaha Fazzio Hybryd-Connected Klasik dan Berkelas, Segini Harganya

Yamaha Fazzio yang baru diluncurkan sekaligus menjadi awal dari jajaran produk di kategori terbaru, Classy Yamaha.

Cara Ganti Filter Oli, Ini Tips dari OtoKlix!

Disadur dari Aplikasi Bengkel Mobil, OtoKlix.Com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengganti filter oli secara benar.

Pengumuman! Tiket Moto GP Bisa Dibeli di Gelaran IIMS 2022

Para pecinta Moto GP bisa langsung membeli tiketnya selama Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung sejak 17 Februari 2022.

Ketika Keunggulan Hyundai Creta Dijajal Awak Media

Kegiatan test drive Hyundai CRETA bagi awak media ini dilaksanakan di area pabrik manufaktur Hyundai Motor di Deltamas,Cikarang.

Capaian Positif Penjualan MMKSI di Tahun 2021

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan.

Yang Baru dari Jeep Wrangler 4xe 2022

Untuk tahun 2022, jajaran Wrangler 4xe lebih ditingkatkan dengan konten teknologi canggih dan serangkaian fitur ADAS generasi terakhir.

Lexus Bawa Dua Kendaraan Berkonsep Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022

Lexus bawa dua kendaraan berkonsep off road yakni NX PHEV dan ROV ke Tokyo Auto Salon 2022.

Debut 2 Mobil Konsep Mitsubishi di Tokyo Auto Salon 2022, Apa Saja?

Mengusung tema, The Next Era, The Next Adventure, Mitsubishi Motors Corporation memamerkan tujuh model, termasuk dua mobil konsep.

Honda Daftarkan Motor Listrik U-GO di Indonesia, Rilis Kapan?

Honda sudah mendaftarkan motor listriknya, U-GO di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia.

Tak Perlu Antre, Janjian Service Mobil Mitsubishi Pakai Aplikasi MMID

Selain aplikasi MMID, sebagian konsumen melakukan perjanjian service mobil melalui Whatsapp dan telepon.

Sst... Ada Robobus Beroperasi Tanpa Setir, Pedal Gas dan Pedal Rem

Jangan kaget jika di Guangshou International Bio Island, China naik minibus Robobus tidak menjumpai pengemudi.

Bikin Penggunanya Makin Eksis, Ini Teknologi dan Fitur Daihatsu Rocky

Sebagai mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang yang stylish dan modern, Daihatsu Rocky cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan aktif.