SOLOPOS.COM - Tips aman kendarai ATV. (Gilamotor,.com)

Solopos.com, SOLO — Siswa SDN 1 Kembangarum, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah meninggal dalam kecelakaan maut ATV di jalan beton depan Segoro Ijo Resto, kawasan wisata Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, pada Kamis (10/3/2022).

ATV atau all terrain vehicle merupakan kendaraan yang dilengkapi empat roda. Kendati menggunakan empat roda dan terlihat mudah dikendarai, sebenarnya ada teknik khusus yang harus dimiliki pengendaraannya.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Dikutip Solopos.com dari Gilamotor.com, Trialgame.id, dan Otomotifnet.gridoto.com, sebenarnya untuk mengendarai ATV sebaiknya sudah berusia 16 tahun dan tetap dalam pengawasan. Agar tidak terjadi kecelakaan, mengingat pengoperasiannya berbeda dengan motor dalam hal gas.

Baca juga: 4 Fakta Kecelakaan Maut ATV di Kemuning Karanganyar

Agar aman dan nyaman berikut tips berkendara ATV. Untuk keselamatan gunakan helm, sepatu boot, sarung tangan, dan kaos lengan panjang. Jangan jalan beriringan dengan ATV lain untuk mengindari benturan. Sebelum naik, lakukan pemanasan dan peregangan otot.

Kenali cara pengoperasiannya. Karena gas pada ATV berbeda dengan sepeda motor. Gas di ATV hanya menggunakan tuas mirip tuas perpindahan gigi pada sepeda gunung yang ditekan dengan ibu jari. Jadi Anda harus membiasakan diri dengan sistem pengoperasian ini. .

Perhatikan posisi duduk, pastikan lutut menempel di bagian tangki, usahakan bahu dalam posisi rileks dengen siku sedikit menekuk. Ini dapat meningkatkan gerak refleks saat mengendarai ATV. Jangan turunkan kaki saat mengendarai ATV, karena kaki bisa tergilas oleh roda ATV.

Baca juga: Ini Penyebab Rem Motor Matik Blong, Berkaca Pada Laka Tawangmangu

Perhatikan saat menikung, berbeda dengan sepeda motor biasa yang ketika menikung ke kanan, motor miring ke kanan dan badan juga condong ke kanan. Mengendarai ATV malah sebaliknya, misal ketika belok kiri maka motor akan miring ke kiri. Jangan ikuti miring tapi mencondongkan badan ke kanan.

Perlakuan ini juga berlaku ketika melewati jalan terjal atau yang tidak sepenuhnya rata. Posisi badan harus selalu melawan arah miringnya motor. Ini yang harus diperhatikan, salah-salah ATV yang dikendarai bisa terbalik.

ATV tidak dirancang untuk jalan beraspal namun untuk medan off road atau berbatuan dan pasir. Jika melalui jalan beraspal pastikan agar ekstra hati-hati dalam mengemudikannya. Kendaraan ini juga tidak dirancang untuk berboncengan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya