Tutup Iklan

Kece Abis, Jip Mini Buatan Santri Jember Ini Bikin Kesengsem

Santri daria dua Ponpes di Jember berkolaborasi membuat mobil jip mini yang bisa dikemudikan.

 Mobil Jip Mini buatan santri jember yang kece abis. (detik.com)

SOLOPOS.COM - Mobil Jip Mini buatan santri jember yang kece abis. (detik.com)

Solopos.com, JEMBER — Jika Anda berpikir santri hanya bisa mengaji dan menulis Arab, Anda salah besar. Ada santri yang tidak cuma bisa mengaji dan menulis Arab, tapi juga membuat mobil! Iya, mobil..mobil beneran.

Mereka adalah para santri dan Pondok Pesantren Raudotul Umum dan Pondok Pesantren Ponpes Sahlul Manal asal Jember, Jawa Timur. Tak seperti mobil muatan anak SMK. Mobil yang dibuat para santri ini juga unik. Mereka membuat jip dalam ukuran mini. Perbandingannya 1:5.

Hasil karya mereka jangan diragukan lagi. Terlihat mirip aslinya! Ada 4 model mobil jip mini yang sudah diproduksi, yakni Hardtop, Rubicon, Willys, dan Land Cruiser.

Mengutip detik.com, Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum, Gus Nadhif Muhammad Mishbah, mengatakan pembuatan jip mini ini dilakukan di saat tidak ada kegiatan belajar atau mengaji di Pondok.

Baca Juga: Kisah Stik Sukun Pertama di Klaten, Pernah Tembus ke Taiwan & Australia

“Biasanya hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Pokok ada senggang waktu,” ujar Gus Nadhif di rumahnya, Sabtu (16/10/2021).

Mobil jip mini bikinan santri itu memiliki kelebihan dibanding dengan mobil aslinya. Yakni  lebih irit, karena menggunakan mesin 1000 cc. Juga bisa lincah untuk di jalan rawan macet.

“Kalau untuk dijalan padat atau macet lincah, karena sistem kemudinya sudah power steering, ringan banget. Bahkan Kalau mobil ini dibawa dengan kecepatan 100 km/jam masih bisa stabil. Sudah kita buktikan saat dibawa ke Situbondo,” ungkapnya.

Namun demikian, diakui oleh Gus Nadhif, masih perlu adanya penyempurnaan dari mobil mini jip yang dibuatnya bersama santri itu.

“Masih terus kita kembangkan, baik mesin, kenyamanan berkendara, faktor keamanan. Bahkan soal Hak Cipta dari mobil ini. Karena biar bawanya lebih enak. Untuk skalanya 1:5 dibanding mobil asli,” ucapnya.

Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng, Pembuat Alga Klaten Lulusan Kampus Ternama

Gus Nadhif ingin meproduksi lebih banyak Jip Mini itu. “Tentunya agar kami bisa jual produk ini. Sebagai hasil kreatifitas santri dan kemampuan santri yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tapi nantinya masih kami sempurnakan lagi,” tandasnya.

Modal

Lebih jauh ia mengatakan butuh modal sekitar hingga Rp50 juta untuk membuat Jip Mini dengan alam waktu pengerjaan sekitar 3 bulan. “Untuk biaya tersebut, paling mahal adalah untuk mendapatkan mesin mobil bekas Suzuki Carry. Karena kita masih belum bisa membuat sendiri mesin untuk mobil jip Mini ini. Kemudian bahan lainnya (milik mobil carry) dijual, ataupun bagian-bagiannya kita pakai untuk membuat kerangka, sasis mobil jip mini ini,” ujar Gus Nadhif.

jip mini buatan santri jember
Mesin jip mini menggunakan mesin Suzuki Carry. (detik.com)

Dalam pembuatan satu mobil mini jip, lanjut Gus Nadif, dibutuhkan peran serta 7 santri.

Baca Juga: Kreatif, Lulusan SMK asal Tanon Sragen Sulap Mobil Sedan Jadi Lamborghini

“Persiapan awal mesin mobil Suzuki Carry 1.000 cc biasanya produksi tahun 80-an. Kemudian membeli besi gelondongan untuk membuat sasis mobil dan rangkanya. Bahkan untuk detail bagian mobil kita benar-benar utamakan agar mirip aslinya. Untuk produksi awal. Kita bahkan pakai bodi casing CPU lama Dell itu. Karena pelat besinya tebal dan kuat,” jelas Gus Nadhif.

“Kemampuan santri di bidang las, baik alumni atau yang masih mondok kita berdayakan. Untuk membuat bodi mobil sampai ke engsel pintu secara detail. Bahkan bodi bagian-bagian lampunya kita bikin detail banget. Karena kan enggak ada di toko ukuran mini ini. Kalau yang lain spion atau lainnya beli,” sambung Gus Nadhif.

Lantas berapa harga jual Jip Mini itu?

Baca Juga: Garap Lamborghini KW Sejak 2018, Supriyanto Habiskan Rp75 Juta

“Untuk harga per unit kami jual Rp 125 juta. Untuk awal ada pesanan 2 unit, di Ponpes Tempurejo, dan satunya dari luar. Pesannya di online. Kita juga promosi di YouTube,” kata Gus Nadhif.


Berita Terkait

Berita Terkini

5 Tempat Angker di Gunung Semeru, Penuh Misteri Lur

Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, memiliki pesona keindahan sekaligus aura mistis yang kuat dan terkenal angker.

Gunung Semeru Meletus, 138 Kambing & 23 Sapi Mati

Ratusan ternak milik warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), dilaporkan mati.

Terbaru! Pejabat PDAM Madiun Jadi Tersangka Kasus Korupsi Honor THL

Tim penyidik Kejari Kota Madiun menetapkan Kabag Transmisi dan Distribusi PDAM Taman Tirta Sari, Sandi Kurnaryanto, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi honor THL.

Cek Dampak Erupsi Semeru, Jokowi Janji Segera Bangun 2.000 Rumah

Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi akan membangun 2.000 unit rumah untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Bertambah, Korban Meninggal Terdampak Erupsi Semeru Jadi 34 Orang

Korban meninggal terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur bertambah menjadi 34 orang hingga Selasa (7/12/2021) siang.

Ningsih Tinampi Ramalkan Gunung Semeru Meletus Sejak 2020

Ningsih Tinampi sempat meramalkan bencana alam berupa Gunung Semeru meletus pada 2020 lalu.

Produk Jamu Langsung Minum Laris, D’Jamoe Madiun Kembangkan Jamu Bubuk

Pemilik usaha D’Jamoe Madiun merambah produksi jamu kering atau bubuk instan setelah jamu tradisional siap minum laris di pasaran.

Viral! Polisi Terjang Banjir Demi Evakuasi Ibu-ibu di Sumenep Madura

Sebuah video memperlihatkan seorang polisi menerjang banjir untuk mengevakuasi warga di Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur, viral.

Pasar Sleko Madiun Hadir Punya Wajah Baru, Bikin Betah

Sebelum menata Pasar Sleko, Wali Kota Madiun mengajak para pedagang terbang ke Bali untuk belajar mengelola pasar dengan bersih.

Madiun Kirim Alat Berat dan Tenaga Profesional ke Lokasi Erupsi Semeru

Pemkab Madiun mengirimkan satu unit alat berat, barang kebutuhan warga, 60 orang sukarelawan, dokter, dan perawat ke lokasi erupsi Gunung Semeru.

Ini Alasan Pria Pengangguran di Madiun Sering Dolan ke Gudang Ekspedisi

Satreskrim Polres Madiun Kota menangkap pria pengangguran, ANH, 36, yang kerap berkunjung ke gudang perusahaan ekspedisi karena diduga mencuri puluhan handphone dari gudang tersebut.

Periksa Teman Novia Widyasari, Ini Kata Polisi Soal Dugaan Pemerkosaan

Polisi memeriksa teman Novia Widyasari Rahayu, mahasiswi Mojokerto yang ditemukan meninggal diduga bunuh diri, tetapi polisi belum mau banyak bicara soal dugaan pemerkosaan terhadap Novia.

Erupsi Semeru, Ibu-Anak Ditemukan Meninggal Berpelukan di Reruntuhan

Korban Rumini, 28, dan ibunya, Salamah, ditemukan meninggal dalam kondisi berpelukan di reruntuhan rumah mereka Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021).

Update! 15 Orang Meninggal & 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperbarui data korban jiwa maupun korban yang hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.