SOLOPOS.COM - Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) yang berada di Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia.

Meski demikian dari 16 kecamatan di Kota Semarang ada satu yang disebut-sebut sebagai wilayah paling lengang atau tersepi. Kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang yakni Kecamatan Tugu.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kecamatan Tugu ini terletak di perbatasan sebelah barat Kota Semarang dengan Kabupaten Kendal. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku bertajuk Kota Semarang Dalam Angka 2022, Kecamatan Tugu memiliki jumlah penduduk paling sedikit di Kota Semarang, yakni sekitar 32.948 jiwa.

Ekspedisi Mudik 2024

Luas wilayah Kecamatan Tugu mencapai 28,13 km persegi atau sekitar 7,52 persen dari total luas wilayah Kota Semarang. Kota Semarang memiliki luas total area sekitar 373,38 km persegi.

Perbandingan luas wilayah dan jumlah penduduk itu menjadikan Tugu sebagai kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang. Kepadatan penduduk Kecamatan Tugu yang berkisar 1.171 jiwa per km persegi.

Baca Juga : Kecamatan Tersepi di Semarang Punya Kawasan Industri

Mengutip laman semarangkota.go.id, Kecamatan Tugu terbagi dalam tujuh kelurahan, 33 rukun warga (RW), dan 180 rukun tetangga (RT). Ketujuh kelurahan itu Jerakah, Tugurejo, Karanganyar, Randugarut, Mangkang Wetan, Mangunharjo, dan Mangkang Kulon.

Kendati menjadi kecamatan tersepi di Kota Semarang, Tugu merupakan daerah industri. Bahkan, di Kecamatan Tugu terdapat Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) seluas 250 hektare. KIW telah berdiri sejak 1988.

KIW merupakan kawasan yang menjadi tempat industri berbagai perusahaan. KIW dikelola PT KIW yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT KIW berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Ternyata, selain menjadi kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang, Kecamatan Tugu juga menjadi salah satu daerah rawan banjir. Dikutip dari laman bpbd.semarangkota.go.id, daerah rawan banjir di Kecamatan Tugu adalah Kelurahan Mangkang Wetan, Tugurejo, Mangkang Kulon, dan Mangunharjo.

Baca Juga : Kecamatan Terkecil di Semarang, Luas 5,17 Km Persegi, Punya Banyak Mal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya