Kecamatan Tersepi di Banyumas Sebagian Penduduknya Gunakan Bahasa Sunda

Berikut fakta terkait kecamatan tersepi atau paling lenggang di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng).

 Tugu Pesawat yang menjadi ikon di Alun-alun Banyumas. (Dok. Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Tugu Pesawat yang menjadi ikon di Alun-alun Banyumas. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, BANYUMASBanyumas merupakan kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang terbagi dalam 27 kecamatan. Dari 27 kecamatan itu, Kecamatan Lumbir merupakan yang tersepi atau paling lengang di Banyumas.

Mengutip dari data Kabupaten Banyumas Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas, Banyumas merupakan kabupaten terluas ketujuh di Jateng. Banyumas memiliki luas wilayah mencapai 1.327,59 km persegi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kabupaten Banyumas terbagi dalam 27 kecamatan, dengan kecamatan paling luas adalah Cilongok dengan 105,34 km persegi. Sementara kecamatan paling sempit adalah Purwokerto Barat dengan luas hanya sekitar 7,40 km persegi.

Selain terluas, Cilongok juga menjadi kecamatan dengan penduduk paling banyak di Banyumas yakni 125.349 jiwa. Sementara itu, kecamatan paling lengang atau tersepi di Banyumas adalah Lumbir dengan kepadatan hanya sekitar 489 jiwa per km persegi.

Kecamatan Lumbir sebenarnya memiliki jumlah penduduk cukup banyak yakni 50.159 jiwa, atau sekitar 2,80% dari total penduduk Kabupaten Banyumas yang mencapai 1.789.630 jiwa.

Baca juga: Wow! Kecamatan Terluas di Banyumas Kaya Akan Wisata Alam Curug

Meski demikian, dengan luas 102,66 km persegi, atau terluas kedua di Banyumas, menjadikan Lumbir sebagai kecamatan tersepi.

Lumbir terbagi yang terletak di sebelah selatan Banyumas berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Lumbir terbagi dalam 10 kelurahan yakni Besuki, Canduk, Cidora, Cingebul, Cirahab, Dermaji, Karanggayam, Kedunggede, Lumbir dan Parungkamal.

Ada yang unik di kecamatan tersepi atau paling lengang di Kabupaten Banyumas ini. Ada kelurahan di Kecamatan Lumbir yang penduduknya masih menerapkan bahasa Sunda sebagai bahasa penuturan atau percakapan sehari-hari. Kelurahan atau desa itu adalah Desa Dermaji.

Baca juga: Marak Indekos Jadi Hotel Murah di Banyumas, PHRI: Merusak Harga!

Bahkan Dusun Cijurig, Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, dikenal sebagai wilayah di Jateng yang warganya masih menerapkan bahasa Sunda di Jateng. Meski demikian, bahasa Sunda yang dituturkan masyarakat Dusun Cijurig berbeda dengan bahasa Sunda pada umumnya. Bahasa Sunda yang digunakan masyarakat Desa Dermaji kerap disebut sebagai bahasa Sunda badeolan, atau bahasa Sunda yang kasar.

Tidak diketahui alasan pasti kenapa masyarakat di kecamatan tersepi atau paling lengang di Banyumas ini menggunakan bahasa Sunda sebagai penuturan. Meski demikian, banyak yang menyebut Desa Dermaji dulunya merupakan wilayah Kerajaan Galuh yang berkuasa di wilayah Jawa Barat pada abad ke-6.

Hal itulah yang membuat masyarakat Desa Dermaji di Kecamatan Lumbir masih memegang teguh adat istiadat Sunda, salah satunya dalam penggunaan bahasa Sunda sebagai penuturan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.