Tutup Iklan

Kecamatan Baru di Boyolali Hasil Pemecahan Bertipe A

Proses pemekaran tiga wilayah kecamatan di Boyolali terus bergulir. Kodifikasi dan tipologi tiga kecamatan baru tersebut sudah dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kecamatan Baru di Boyolali Hasil Pemecahan Bertipe A

SOLOPOS.COM - Kantor Desa Garangan, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali, yang akan menjad Kantor Kecamatan Wonosamodro. (Solopos-Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, BOYOLALI—Proses pemekaran tiga wilayah kecamatan di Boyolali terus bergulir. Kodifikasi dan tipologi tiga kecamatan baru tersebut sudah dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabag Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali Arief Wardianta, mengatakan kodifikasi tersebut akan mengubah kode desa yang bergabung ke kecamatan baru. “Kodifikasi dan tipologi kecamatan dari Kemendagri sudah keluar hari ini [kemarin] dan nanti ada kode tiga desa di Kecamatan Kemusu yang berubah karena akan masuk atau bergabung dengan Kecamatan Wonosegoro dalam pemekaran ini. Desa lainnya tetap sama,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (16/1/2019).

Bagi desa yang kodenya berubah itu, KTP dan kartu keluarga (kk) warganya juga akan berubah. Sedangkan nomor induk kependudukannya tetap. “Perubahan kode ini berpengaruh dalam adminduk [administrasi kependudukan]. KTP dan kk berubah tetapi NIK tetap sama. Makanya pada proses selanjutnya, ini akan dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil [Disdukcapil],” kata dia.

Sementara surat tipologi menyebutkan bahwa tiga kecamatan baru dan tiga kecamatan lama yang dimekarkan bertipe A. “Kecamatan yang lama tetap bertipe A dan kecamatan baru juga bertipe A,” imbuhnya.

Penetapan tipe ini didasarkan atas berbagai kriteria, antara lain luas wilayah, jumlah penduduk, luas wilayah dan sebagainya. Tipologi kecamatan ini berpengaruh kepada struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) di kecamatan bersangkutan. “Kalau sebuah kecamatan tipenya A, maka Sekcamnya [sekretaris kecamatan] dijabat pegawai eselon 3B. Kalau tipenya B, maka Sekcamnya eselon 4A,” jelasnya.

Pada proses berikutnya, Pemkab bersama DPRD akan menggelar sidang paripurna penetapan peraturan daerah (perda) Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK). Sebelumnya Kemendagri menyetujui pemekaran tiga wilayah kecamatan di Boyolali. Dengan adanya persetujuan itu, jumlah wilayah kecamatan Boyolali yang tadinya 19 akan menjadi 22 kecamatan. Pemkab akan memecah wilayah Ampel, Musuk, dan Wonosegoro.

Di Ampel, kecamatan ini dipecah menjadi Kecamatan Ampel dan Kecamatan Gladagsari, Musuk dipecah menjadi Kecamatan Musuk dan Kecamatan Tamansari, sedangkan Kecamatan Wonosegoro dipecah menjadi Kecamatan Wonosegoro dan Kecamatan Wonosamodro.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.