Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (20/6/2018). (Bisnis-Nurul Hidayat)

Solopos.com, SEMARANG — Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) wilayah Jawa Tengah (Jateng) mencatat kunjungan wisatawan dari provinsi tersebut ke luar negeri selalu mengalami peningkatan saat liburan akhir tahun.

Ketua DPD Astindo Jateng Dian Dalu mengatakan momentum akhir tahun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. "Dibandingkan bulan biasa, pada akhir tahun, khususnya Desember, pemesanan tiket maupun hotel bisa naik 100%," sebutnya, Kamis (15/11/2018)

Menurut Dian, pemesanan tiket dan hotel mayoritas untuk wisata antara 20 Desember hingga awal Januari. Lonjakan pemesanan bahkan sudah mulai terjadi sejak Oktober.

Pemesanan sejak jauh-jauh hari merupakan strategi untuk menghindari kenaikan harga. Jika waktu pemesanan mepet dengan waktu keberangkatan, maka harga dipastikan lebih mahal.

Adapun pemesanan tour and travel yang berasal dari segmen keluarga berkisar 50%, disusul korporat, dan para turis individu. Sementara itu, porsi tujuan wisata ke luar negeri dan domestik masih seimbang, masing-masing 50%.

Dian baru saja dilantik oleh DPP Astindo Pusat bersama para pengurus baru lainnya. Dia menerangan Astindo dibentuk agar bisa berperan aktif memajukan pariwisata Indonesia dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) supaya memiliki kemampuan yang setara dengan negara-negara Asean lainnya.

"Harapannya, dengan dibentuknya DPD Astindo ini, kami bisa berperan aktif memajukan pariwisata Indonesia. Kami juga ingin meningkatkan standar SDM anggota agar lebih baik dan setara dengan Asean. Di Astindo, kami juga sudah punya lembaga sertifikasi sendiri sehingga akan ada keuntungan dan kemudahan," paparnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten