SOLOPOS.COM - Pedagang menjajakkan daging ayam di kompleks Pasar Bunder Sragen, Minggu (26/6/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Kebutuhan pokok Sragen harga daging ayam menjadi Rp33.000/kg.

Solopos.com, SRAGEN–Harga komoditas daging ayam di Pasar Bunder Sragen mengalami kenaikan dari Rp30.000/kg pada pekan lalu menjadi Rp33.000/kg pada Minggu (26/6/2016). Peningkatan harga daging ayam itu dinilai pedagang terlalu terburu-buru sehingga mengakibatkan sepinya pembeli.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yanti, 40, pedagang daging ayam asal Mojomulyo, Sragen, mengatakan pembeli menjauh dari kiosnya sejak harga daging ayam terus naik hingga di angka Rp33.000/kg. Saat harga daging ayam masih Rp28.000-Rp30.000/kg, dia mampu menjual 40-50 potong/hari. “Sekarang saya hanya bisa menjual 30 potong/hari. Kenaikan harga daging ayam ini sangat terasa dampaknya. Kenaikan harga itu terlalu terburu-buru. Biasanya harga daging ayam naik  jadi Rp33.000/kg itu sejak H-3 Lebaran, sekarang baru H-9, harganya sudah Rp33.000/kg,” kata Yanti saat ditemui Solopos.com di lapaknya, Minggu.

Hal senada disampaikan Melati, 35, pedagang asal Sidomulyo, Sragen. Menurutnya, harga daging ayam cenderung naik dalam sepekan terakhir. Rata-rata kenaikan harga daging ayam tiap harinya mencapai sekitar Rp500/kg. Kenaikan harga daging ayam itu, kata Melati, mempengaruhi minat pembeli. Dia mengakui jumlah pembeli mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan pada H-9 Lebaran tahun lalu. “Tahun lalu lebih ramai pembeli dibandingkan sekarang. Dulu saya bisa menjual 40-50 potong daging ayam. Sekarang bisa menjual 30 potong daging ayam itu sudah maksimal,” jelasnya.

Melati mendapatkan daging ayam itu dari seorang pengepul. Daging ayam itu disetor pengepul ke Pasar Bunder. Berdasar informasi dari pengepul, harga daging ayam itu sudah naik sejak dibeli dari perusahaan. “Maunya kami harganya stabil saja supaya dagangan cepat laku. Tapi, kami tidak bisa menentukan harga,” paparnya.

Melati memprediksi harga daging ayam akan terus naik hingga mendekati Lebaran. Puncak kenaikan harga daging ayam biasanya terjadi pada H+2 Lebaran. Saat itu, harga daging ayam bisa tembus Rp40.000/kg.

“Biasanya setelah Lebaran banyak orang menggelar pesta hajatan. Walau dijual dengan harga mahal, biasanya tetap dibeli karena daging itu dibutuhkan untuk sebuah acara,” jelasnya.

Sementara itu, harga komoditas daging sapi di Pasar Bunder masih stabil di angka Rp90.000/kg. Harga komoditas beras juga stabil di angka Rp8.000 hingga 9.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya