SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi (JIBI/Solopos/Dok.)

Kebutuhan pokok Solo, Bulog Surakarta akan kembali menggelar OP daging sapi beku.

Solopos.com, KARANGANYAR–Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Subdivre) III Surakarta siap menggelar operasi pasar (OP) daging sapi beku kembali seusai Lebaran. Hal itu menindaklanjuti harga daging yang masih tinggi di pasaran.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Kepala Bulog Subdivre III Surakarta, Muhammad Rizal Mulyawan Latief, mengaku masih menunggu hasil survei yang dilakukan oleh timnya di lapangan. Jika memang harga masih melambung tinggi, Bulog mengaku siap menggelar OP daging sapi lagi.

“Kami akan melihat dahulu animo masyarakat akan seperti apa. Kami juga masih menunggu hasil survei tim yang ada di lapangan. Jika memang diperlukan kami siap menggelar OP,” tuturnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/7/2016).

Sebelumnya, Bulog Surakarta telah menggelontorkan sekitar 350 kg daging sapi beku ke masyarakat. Daging sapi beku tersebut didistribusikan dua kali selama Ramadan. Daging dijual seharga Rp85.000/kg.

Dia mengaku pendistribusian baru sebatas dilakukan di kantor Bulog Surakarta dan pasar murah. Hal itu disebabkan keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh Bulog. Namun demikian, antusias masyarakat cukup tinggi karena 350 kg daging sapi beku ludes diburu masyarakat.

Sementara itu, dia belum bisa memastikan apakah Bulog Surakarta akan menjual daging kerbau impor dari India ataukah tidak. “Kami belum ada instruksi dari pusat dan belum tahu juga soal daging kerbau impor itu,” kata Rizal.

Rizal mengaku belum mengetahui spesifikasi daging kerbau yang diimpor oleh pemerintah. Selain itu, dia juga sangsi minat masyarakat Soloraya dalam mengonsumsi daging kerbau.

Rencananya, daging kerbau impor dijual di pasaran seharga Rp60.000/kg. “Animo masyarakat Solo terhadap daging kerbau ini bagaimana kami masih belum tahu. Selain itu juga belum ada instruksi dari pusat,” urainya.

Sementara, data yang dihimpun Solopos.com di Pasar Legi, Senin, harga daging sapi segar di Pasar Legi tradisonal masih tinggi. Harga daging sapi masih berkisar Rp130.000/kg-Rp150.000/kg. Diperkirakan harga daging sapi masih tinggi akibat tingginya permintaan masyarakat seusai Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya