KEBUTUHAN POKOK : Sepekan, Harga Cabai Rawit Merah di Madiun Naik Rp17.000/Kg
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda, memantau dan mengecek harga sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar wilayah Kota Madiun, Selasa (27/12/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Harga kebutuhan pokok berupa cabai rawit merah di Kota Madiun naik hingga 80% dari harga sebelumnya.

Solopos.com, MADIUN -- Harga cabai rawit merah di Kota Madiun naik hingga Rp17.000/kilogram (kg) dalam sepekan terakhir. Pada 21 Desember 2016 lalu, harga cabai tersebut masih Rp58.000/kg hingga Rp59.000/kg, namun kini sudah naik menjadi Rp76.000/kg.

Hal itu terungkap saat peninjauan sejumlah barang kebutuhan pokok di Pasar Kojo dan Pasar Besar Madiun oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda, Selasa (27/12/2016).

Arlinda menuturkan dari sekian banyak barang kebutuhan pokok yang ditinjau, ada satu komoditas yang harganya naik sangat signifikan di Kota Madiun yaitu cabai rawit merah. "Kami memantau harga di dua pasar di Kota Madiun. Dari pemantauan itu, harga cabai rawit merah memang harganya naik signifikan," kata dia kepada wartawan, Selasa.

Dia mengatakan peninjauan harga kebutuhan pokok dan pengecekan ketersediaan barang di pasar tersebut berdasar instruksi  Presiden Joko Widodo. Pemantauan harga kebutuhan pokok ini dilakukan untuk mengetahui harga pada hari libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Atas instruksi presiden, kami semua eselon I diminta memantau harga dan stok kebutuhan pokok pada libur Natal dan Tahun Baru 2017," jelas dia didampingi staf dari Kemendag dan Kepala Dinas Pasar Kota Madiun.

Kenaikan harga cabai rawit merah ini disebabkan faktor cuaca yang mengakibatkan sejumlah petani cabai gagal panen dan mengakibatkan stok menipis. Mengenai hal itu, Arlinda optimistis harga cabai rawit bisa segera dikendalikan seiring masa panen petani.

"Sekarang petani sudah mulai menanam cabai lagi. Kami optimistis dalam waktu dekat harga cabai turun," ujar dia.

Selain di Kota Madiun, ia dan tim dari Kemendag juga meninjau harga dan stok bahan pokok di Probolinggo. Lebih lanjut, untuk bahan pokok yang stabil yaitu harga beras Rp8.500/kg, harga gula pasir Rp12.000/kg hingga Rp13.000/kg, dan harga daging Rp100.000/kg.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom