SOLOPOS.COM - Seorang penjual daging ayam di pasar Minulyo, Pacitan sedang menunggu pembeli, Senin (4/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Harga kebutuhan pokok, daging ayam dan daging sapi di Pacitan mengalami kenaikan senilai Rp5.000/kg.

Madiunpos.com, PACITAN—Mendekati hari raya Idul Fitri 2016, harga daging ayam dan daging sapi di Pacitan naik. Pada H-2 Lebaran, harga daging ayam di Pacitan seharga Rp40.000/kg dan harga daging sapi Rp125.000/kg.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pantauan Madiunpos.com di pasar Minulyo Pacitan, Senin (4/7/2016), ratusan orang memadati pasar tradisional terbesar di Kota 1001 Goa itu. Masyarakat setempat berbelanja berbagai kebutuhan pokok termasuk daging. Beberapa pedagang daging juga terlihat barang dagangannya telah habis.

Penjual daging sapi di pasar Minulyo, Andini, mengatakan untuk harga daging sapi di Pacitan menjelang Lebaran ini senilai Rp125.000/kg. Harga itu naik dibandingkan harga sepekan yang lalu senilai Rp120.000/kg.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini dagingnya masih segar, tidak ada yang daging lama, jadi harganya memang cukup mahal. Warga Pacitan memang senang dengan daging yang segar,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di kiosnya.

Andini mengatakan menjelang Lebaran permintaan terhadap daging sapi di Pacitan naik drastis hingga mencapai 10 kali lipat dibandingkan perminataan pada hari biasa. Dia mengakui pada H-1 Lebaran akan menyembelih 10 ekor sapi untuk dijual. Padahal, pada hari biasa setiap hari hanya mampu menyembelih satu ekor sapi.

Dia menyampaikan menjelang Lebaran nanti sudah ada puluhan orang yang memesan daging sapi di tempatnya. Didaftar pesanan sudah ada orang yang memesan hingga mencapai 3,5 kuintal daging sapi.

“Sudah ada yang pesan, sekitar 3,5 kuintal daging sapi pda saat H-1 Lebaran. Untuk itu, saya menyediakan stok daging hingga 10 ekor sapi, ini karena permintaan pasti tinggi saat Lebaran,” terang dia.

Menurut dia, kenaikan permintaan daging sapi di Pacitan sebenarnya telah terjadi sejak sepakan lalu. Namun, permintaannya tidak sebanyak pada saat H-1, yaitu hanya tiga ekor sapi per hari.

Sapi yang dijual, kata Andini, merupakan sapi lokal buka sapi impor. Dia menganggap sapi lokal lebih segar dan dijamin kesehatannya dibandingkan sapi impor, karena sapi lokal hanya diberi makan rumput oleh peternak.

Selain daging sapi, harga dan permintaan daging ayam di Pacitan juga menanjak menjelang Lebaran. Seorang penjual daging ayam di pasar Minulyo, Sumarti, mengatakan harga daging ayam senilai Rp40.000/kg, harga tersebut telah mengalami kenaikan sejak empat hari yang lalu dengan harga Rp35.000/kg.

Dia menuturkan harga daging ayam pada Lebaran tahun ini lebih rendah dibandingkan harga daging pada Lebaran tahun 2015 yang senilai Rp45.000/kg. Dia menuturkan permintaan daging ayam memang mengalami kenaikan jika dibandingkan hari biasa, namun kenaikannya tidak terlalu signifikan.

“Kenaikannya tidak banyak, saya juga tidak berani stok barang terlalu banyak, karena takut ketika tidak laku nanti malah rugi,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya