SOLOPOS.COM - Ilustrasi harga daging ayam (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bertahan tinggi akibat kenaikan harga pakan.

Dari pantauan di Pasar Wage dan Pasar Manis, Purwokerto, Kamis, harga daging ayam potong masih bertahan di kisaran Rp35.000-Rp38.000 per kilogram.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Salah seorang pedagang, Dian mengatakan bahwa harga daging ayam potong itu tergantung jenis dagingnya.

“Kalau yang dagingnya kering, harganya Rp38.000/kg, sedangkan yang basah Rp35.000/kg,” katanya seperti dikutip Antara, Kamis (11/9/2014).

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam potong itu terjadi sejak naiknya harga pakan akibat terganggunya jalur distribusi karena adanya pengalihan arus lalu lintas dari jalur pantai utara (pantura) ke jalur selatan.

Oleh karena itu, kata dia, harga pakan ayam dari Jakarta naik karena biaya operasional pengiriman membengkak.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua Asosiasi Peternak Unggas Petelur Indonesia Gembong Nugroho mengatakan bahwa harga pakan ayam yang sebelumnya sebesar Rp4.800 per kilogram naik menjadi Rp5.300 per kilogram.

Menurut dia, kenaikan pakan tersebut juga akibat naiknya biaya pengiriman dari Rp150 per kilogram menjadi Rp200 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya