Kebutuhan Pangan Warga Batang Dijamin Terpenuhi saat Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi transaksi perdagangan komoditas pangan di pasar tradisional. (Antara-Sumarwoto)

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang menjamin ketersediaan komoditas pangan menjelang Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kebutuhan pangan masyarakat Batang dijamin terpenuhi.

Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektor terkait masalah ketersediaan komoditas pangan menjelang Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. "Selain itu, kami juga sudah melakukan pantauan ke beberapa pasar terkait dengan ketersediaan kebutuhan pokok. Hasil pantauan, kami jamin stok komoditas pangan masih mencukupi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan bahan sembako," katanya di Batang, Jawa Tengah, Senin (17/12/2018).

Menurut dia, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Natal 2018 masih sekitar 5% sehingga masih wajar dan tidak menimbulkan gejolak. "Justru kenaikan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20% pada komoditas bawang merah, Komoditas ini memang tidak tahan lama dengan air karena saat ini memasuki musim hujan," kata pedagan beras Sariyah.

Demikian pula untuk ketersediaan epiji, kata dia, juga masih cukup karena stok gas yang mudah terbakar tersebut mendapat suplai sekitar 450.000/bulan dari PT Pertamina. "Kami jamin stok elpiji masih cukup sehingga pemkab belum berencana mengajukan tambahan pada PT Pertamina," katanya.

Sejumlah pedagang sembako di pasar tradisional Batang mengatakan tren kenaikan harga kebutuhan pokok sudah menjadi tradisi setiap menghadapi perayaan hari besar keagamaan. "Hampir semua kebutuhan pokok seperti beras dan telur cenderung naik. Tren harga beras itu sudah mulai merangkak naik apalagi mendekati perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019," katanya.

Ia menambahkan harga beras jenis IR 64 semula Rp9.000/kg kini naik menjadi Rp10.000/kg. Sedangkan, beras ketan semula dijual Rp12.000/kg kini naik Rp13.000/kg hingga Rp13.500/kg.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom