SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg alias gas melon. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Kebutuhkan energi di Soloraya selama bulan Ramadan dijamin aman.

Solopos.com, SOLO—Ketersediaan elpiji 3 kilogram (kg) selama Ramadan diyakini aman karena adanya penambahan pasokan 200% dari alokasi harian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bidang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya, Budi Prasetyo, menyampaikan meski pada bulan lalu banyak mengalami kekurangan tapi pada bulan ini kondisi pasokan cenderung berlimpah setelah dilakukan operasi pasar (OP) hampir 85.000 tabung.

Menurut dia, pasokan dan harga di pasar sudah kembali normal. Bahkan rata-rata pangkalan masih memiliki stok ketika pengiriman pasokan keesokan harinya.

“Selain itu, pada bulan ini Pertamina juga menambah pasokan elpiji 3 kg sebanyak 200% dari alokasi harian sehingga pasokan di masyarakat bertambah karena OP sudah dihentikan sejak akhir bulan lalu. Penambahan alokasi ini disalurkan selama satu bulan,” ungkap Budi kepada solopos.com, Rabu (17/6/2014).

Dia mengatakan pada Ramadan biasanya permintaan elpiji 3 kg akan meningkat. Namun di awal bulan puasa biasanya permintaan masih normal. Budi mengungkapkan biasanya permintaan meningkat tajam ketika memasuki pertengahan Ramadan hingga Lebaran.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pertamina dan pemerintah daerah untuk menjaga pasokan elpiji 3 kg di masyarakat. Oleh karena itu, bulan depan akan ada kebijakan berupa penambahan kuota untuk memenuhi permintaan masyarakat,” kata dia.

Salah satu pangkalan di Jebres yang enggan disebut namanya, mengatakan kondisi saat ini sudah normal. Dia menyampaikan permintaan dari masyarakat sudah tidak setinggi seperti bulan lalu sehingga pasokan yang ada masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami mendapat kiriman sekitar 80 tabung per hari dan itu lancar, setiap hari selalu ada kiriman. Saat ini sudah tidak ada masyarakat di luar Jebres yang membeli gas ke sini [pangkalan miliknya],” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan pernah menerima pengiriman elpiji 3 kg tambahan, yakni pada Minggu (14/6). Menurut dia, biasanya setiap Minggu pengiriman stok libur tapi pekan lalu pihaknya mendapat kiriman sebanyak 100 tabung. (

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya