Kategori: Bantul

Kebun Buah Mangunan Bantul yang Tak Sekadar Menawarkan Buah-Buahan, Tapi Juga Ini


Solopos.com/Yesaya Wisnu

Solopos.com, BANTUL -- Bantul menjadi salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Kebun Buah Mangunan.

Meskipun namanya kebun buah, ternyata tidak hanya buah yang dapat dinikmati di destinasi wisata ini.

Dilansir dari detik.com, Kebun Buah Mangunan juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Anda bisa melihat hamparan pengunungan, perbukitan hingga sungai. Tempat ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin menyegarkan pikiran dari aktivitas rutin yang melelahkan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Pengembangan Wisata DIY Perlu Meniru Makasar

Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Dlingo, kompleks agrowisata ini dibangun di area seluas 23,34 hektar. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan di Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kebun Buah Mangunan. (Instagram/@kebun_buahmangunan)

Kompleks agrowisata ini memiliki koleksi tanaman buah-buahan, di antaranya durian, jambu, mangga, hingga jeruk. Para pengunjung bisa langsung mencicipi buah dengan tarif yang sudah ditentukan. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua tanaman pasti berbuah karena bergantung musim.

Dengan keindahan alam Pegunungan Seribu Kebun Buah Mangunan cocok jadi lokasi swafoto yang keren. Di kawasan ini juga masih terdapat sejumlah hewan seperti rusa dan monyet.

Kawasan ini juga menyediakan wahana hiburan air, seperti kolam renang untuk anak-anak, kolam rekreasi dengan perahu bebek, dan sepeda air. Selain itu ada pula flying fox yang memacu adrenalin. Ada pula arena downhill dan cross country.

Baca Juga:Bandara YIA Jadi Objek Wisata Edukasi, Pengunjung Bisa Keliling hingga ke Runway Pesawat

Udara Sejuk

Karena berada di area dataran tinggi, kawasan agrowisata ini memiliki udara yang sejuk serta teduh karena bamyaknya pohon rindang. Suasana tenang perdesaan juga bisa dirasakan dengan hadirnya suara burung kutilang dipadu suara serangga.

Kebun Buah Mangunan (Instagram /@kebun_buahmangunan)

Dari Kebun Buah Mangunan, Anda bisa melihat kecantikan Sungai Oya yang berkelok-kelok serta Pemandangan perkampungan di kaki bukit. Kawasan ini juga memiliki pembibitan sapi. Tujuannya selain untuk menambah populasi sapi, juga memberikan siklus yang berkesinambungan untuk menghasilkan pupuk kendang bagi pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan tersebut.

Beberapa fasilitas MICE juga disediakan, seperti penginapan ala homestay, gedung pertemuan, serta kolam renang. Lokasi ini merupakan potensi wisata bidang agrokultur yang memiliki potensi besar di Kabupaten Bantul sebagaimana tertulis di arsip Pemkab setempat.

Baca Juga: Embung Pungkruk di Desa Ngepringan, Jenar, Sragen, Bakal Jadi Objek Wisata

Sebelum masa pandemi, sekitar 3.000 wisatawan berkunjung dalam sehari saat musim liburan. Wisatawan yang datang berasal dari domisili yang beragam di Indonesia. Kawasan ini berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta dan untuk mengkases kawasan ini, pengunjung akanĀ  dikenai biaya tiket masuk Rp5.000 per orang.

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy