Tutup Iklan

Kebumen Diterjang Banjir, Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji Terkendali

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Kebumen. Meski pun beberapa kecamatan di wilayah tersebut baru saja diterjang bencana banjir.

Kebumen Diterjang Banjir, Pertamina Jamin Stok BBM dan Elpiji Terkendali

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir di Kebumen, Jateng. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Kebumen. Meski pun beberapa kecamatan di wilayah tersebut baru saja diterjang bencana banjir.

Ada setidaknya delapan desa di enam kecamatan di Kebumen yang diterjang banjir, Rabu (16/1/2019) dini hari. Kedelapan desa itu, yakni Desa Meles, Karangkemiri, dan Plarangan di Kecamatan Adimulyo. Lalu Desa Bumirejo di Kecamatan Kebumen, Desa Wanareja di Kecamatan Karanganyar, Desa Karangmalang di Kecamatan Buayan, Desa Sidoagung di Kecamatan Sruweng, dan Desa Aditirto di Kecamatan Pejagoan.

Banjir melanda delapan desa itu dengan ketinggian 30-50 sentimeter (cm). Banjir disebabkan sungai yang meluap dan tanggul jebol serta beberapa pohon yang tumbang dan menimpa rumah serta menutup akses jalan.

Pejabat sementara (Pjs) Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra, mengatakan terdapat 16 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), 886 pangkalan, 11 agen, dan 4 stasiun pengisian dang pengangkutan bulk elpiji (SPBE) di Kebumen. Semua fasilitas itu tetap beroperasi menyalurkan elpiji dan BBM seperti biasa, Meskipun kondisi beberapa ruas jalan masih tergenang air. Rata-rata penyaluran BBM per hari di Kebumen mencapai 269 kiloliter (Kl) per hari, sedangkan elpiji sekitar 30.360 tabung per hari.

“Pengiriman tetap kami lakukan dengan kondisi air meluap di beberapa ruas jalan yang dilewati. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan armada operasional seperti biasa. Kami memastikan tidak ada pemindahan menggunakan armada kecil ke lokasi pangkalan,” ujar Arya dalam keterangan resmi, Jumat (18/1/2019).

Sementara di wilayah terdampak banjir, Pertamina tetap akan melakukan penyaluran BBM dan elpiji seperti kondisi normal. Jika memang ada jalur yang terhambat, Pertamina akan menggunakan jalur alternative.

“Masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan BBM dan elpiji, karena pasokan tetap kami salurkan seperti biasa,” imbuhnya.

Demi aspek keamanan saat kondisi banjir, Pertamina mengimbau kepada armada pengantar untuk lebih berhati-hati saat melintasi jalur yang tergenang air.

“Apabila masyarakat menemukan kendala dalam pelayanan BBM dan elpihi, bisa menghubungi Pertamina di 1 500 000 atau email di ppc@pertamina.com. Keluhan akan langsung kami tindak lanjuti,” jelas Arya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Horornya Jalan Tol KM 542 Sragen: 8 Bulan, 3 Kecelakaan, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan kembali terjadi di jalan tol Solo-Kertosono, tepatnya di KM 542.200 jalur A di Desa Bumiaji, Gondang, Sragen.

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).