Kebijakan DMO Urung Dicabut, Kemendag: Berhasil Stabilkan Harga Minyak Goreng

Kemendag menilai kebijakan DMO berhasil menstabilkan harga dan ketersediaan minyak goreng di pasaran.

 Minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyakita seharga Rp14.000 per liter dirilis Rabu (6/7/2022) hari ini. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyakita seharga Rp14.000 per liter dirilis Rabu (6/7/2022) hari ini. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Kebijakan domestic market obligation (DMO) urung dicabut.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan DMO dinilai berhasil menstabilkan harga dan ketersediaan minyak goreng di pasaran.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menilai bahwa kebijakan memasok DMO sebesar 300.000 ton minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) untuk kebutuhan minyak goreng dalam negeri sama sekali tidak merugikan pengusaha sawit.

Apalagi, kata dia, DMO terbukti justru mampu membuat minyak goreng kembali melimpah di pasaran.

“Apa sih ruginya? Karena dengan memasok 300.000 [ton] dengan tidak dikemas [Minyakita], dia bisa mengekspor 2,7 juta ton per bulan. Sekarang jika mereka kemas dalam bentuk Minyakita, itu tambah 1,5-nya [2,7 juta ton X1,5]. 4.050.000 ton ekspornya,” ujar Syailendra saat ditemui di Kemendag, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Harga Minyak Nabati Dunia Terus Turun, CPO Jadi Kambing Hitam

Syailendra menambahkan dengan diberlakukannya DMO harga minyak goreng yang 4 bulan lalu Rp18.000 per liter, saat ini jadi Rp14.000 bahkan ada yang Rp13.000 per liter di Indonesia.

“Lihat saja sekarang, minyak goreng sudah stabil. Bahkan hampir semua sudah Rp14.000, ada juga yang sudah Rp13.000,” tutur Syailendra.

DMO merupakan batas wajib pasok yang mengharuskan produsen minyak sawit untuk memenuhi stok dalam negeri sebesar 194.634 ton.

Kebijakan tersebut awalnya diberlakukan oleh Menteri Perdagangan yang dijabat Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi kala itu pada 29 Januari lantaran minyak goreng mahal dan sulit di pasaran.

Namun, pada 17 Maret DMO kembali dicabut dan kembali ke formula awal yaitu menaikkan tarif ekspor CPO.

Baca Juga: Daftar Stok Pangan Boyolali: Kedelai dan Migor Defisit, Telur dan Cabai Surplus

Setelah pemerintah kembali membuka keran ekspor CPO setelah sempat disetop, DMO kembali diberlakukan pada pertengahan Mei 2022 hingga saat ini.

Berbagai pihak pun meminta agar DMO dicabut sebab hal ini diklaim jadi penyebab tersendatnya ekspor CPO.

Macetnya ekspor CPO ini membuat harga tandan buah segar (TBS) sawit anjlok.

Yang biasanya petani memperoleh harga Rp3.500-4.000 per kg TBS setelah pelarangan ekspor dan kembalinya penerapan DMO harga TBS tergelincir pada titik Rp1.000 bahkan Rp600 per kg.

Terakhir, Ombudsman Republik Indonesia lewat anggotanya Yeka Hendra Fatika menilai kebijakan DMO bukan hal yang solutif dalam memecahkan sengkarut industri minyak goreng saat ini.

“Jadi, Kemendag harus segera mencabut DMO,” ujarnya di Jakarta pada Selasa (13/9/2022).

Sebelum Ombudsman, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) juga mengusulkan hal serupa.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Alasan Kemendag Urung Cabut DMO Minyak Sawit

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sri Mulyani: Sektor UMKM sudah Pulih ke Level Prapandemi

      Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan aktivitas sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin bergeliat sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia yang semakin kuat.

      Puncak Perayaan HUT ke-65 Astra, Hadirkan Sosok Inspiratif di Bidang Kesehatan

      Astra menutup perayaan HUT ke-65 dengan menampilkan tayangan inspiratif melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live pada Jumat-Minggu (2-4/12/2022).

      Lowongan CPNS 2023 akan Dibuka, Para Pencari Kerja Merapat!

      Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disebut-sebut akan dibuka kembali oleh pemerintah pada 2023 mendatang.

      Rayakan HUT ke-7, PT SHA Berbagi Rezeki dengan Duafa

      SHA Foundation melakukan kegiatan sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 PT SHA Solo dan Launching SHA Foundation serta pengenalan Warung Sedekah Duafa.

      OJK Optimistis Kredit Perbankan Tetap Tumbuh pada 2023

      Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae optimistis penyaluran kredit perbankan akan tetap tumbuh pada 2023.

      Semen Gresik Bantu Korban Gempa Cianjur Logistik Rp111 Juta dan Trauma Healing

      PT Semen Gresik (PTSG) menyalurkan bantuan logistik bagi para korban dan memberikan trauma healing kepada anak-anak terdampak gempa bumi Cianjur.

      Rekrutmen BUMN Gelombang 2 Dibuka! Cek Syarat-Syaratnya

      Disebutkan, lebih dari 30 BUMN melakukan rekrutmen bersama. Pendaftaran online rekrutmen bersama BUMN dibuka 1-7 Desember 2022.

      Peduli Sesama, The Sunan Hotel Solo Serahkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat, Senin (21/11/2022) mendorong karyawan The Sunan Hotel Solo untuk membangun kepedulian kepada sesama.

      Raup Laba Rp11,1 Miliar, Aset PT Widodo Makmur Perkasa Tbk Tumbuh 7 Persen

      Perusahan consumer goods and agricultural commodities nasional, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) membukukan laba perseroan sebesar Rp11,1 milliar pada kuartal III 2022.

      Antam 1 Gram Tembus Rp1 Juta, Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 2 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Jumat (2/12/2022) hari ini, terpantau melejit untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      Akuisisi Danareksa Investment, BRI Menuju Perusahaan Jasa Keuangan Terintegrasi

      BRI dan Danareksa melakukan penandatanganan Akta Jual Beli Saham dalam rangka pembelian saham Danareksa Investment Management (DIM) sebanyak 9 juta lembar atau setara dengan 30% dari total saham DIM.

      IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cermati Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) berisiko melanjutkan pelemahan pada perdagangan Jumat (2/12/2022) akibat koreksi sejumlah saham big caps, seperti saham GOTO.

      Jangan Sampai Kehabisan, PT KAI Sediakan Tiket Kereta Tambahan Liburan Nataru

      PT KAI telah mempersiapkan sembilan kereta tambahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama momentum liburan Natal dan Tahun Baru nanti.

      Merek Lokal Kecantikan dan Perawatan Diri Berjaya Tokopedia Beauty Awards 2022

      Ratusan ribu votes telah menentukan pemenang di 25 kategori produk kecantikan dan perawatan diri melalui Tokopedia Beauty Awards 2022.

      Pemerintah Kucurkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp6 Juta pada 2023

      Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemerintah akan mengucurkan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik pada tahun depan.

      Beli Solar Pakai QR Code, Uji Coba Dimulai dari 11 Daerah Ini

      Sebelum pemberlakuan uji coba pembelian solar subsidi dengan QR code, pihaknya sudah menguber sosialisasi pembelian Pertalite subsidi.