SOLOPOS.COM - Instagram (venngage)

Solopos.com, SOLO – Aplikasi berbagi foto dan video, Instagram, telah mengeluarkan kebijakan baru untuk melindungi privasi penggunanya yang berusia remaja. Hal tersebut disampaikan oleh Facebook pada Selasa (27/7/2021).

Kebijakan ini dikeluarkan setelah sebelumnya Instagram mendapatkankan banyak kritik karena dianggap tidak aman digunakan oleh pengguna yang berusia dibawah umur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melansir New York Times, Selasa (2/8/2021), Instagram mengatakan akan mengubah kebijakan periklanannya, sehingga akan mengurangi iklan yang tidak sesuai dengan pengguna berusia remaja.

Baca Juga : Mercedes-Benz EQS Bersistem Roda Kemudi 10 Derajat

Karena sebelumnya, iklan yang ditayangkan di Instagram dan Facebook muncul berdasarkan minat dan aktivitas pengguna di situs web lain. Kini pengaturan iklan akan melihat usia, jenis kelamin, dan lokasi sehingga dapat menampilkan iklan yang sesuai dengan pengguna di bawah 18 tahun.

Untuk akun Instagram yang dibuat oleh pengguna berusia 16 tahun secara otomatis akan berubah menjadi akun pribadi, artinya postingan akun hanya dapat dilihat oleh pengikut yang disetujui. Facebook mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa 80 persen akun pengguna berusia muda akan tetap dalam pengaturan pribadi default.

Saat ini Facebook sedang mengembangkan teknologi untuk menghentikan akun-akun dengan “perilaku yang berpotensi mencurigakan” untuk dilihat atau berinteraksi dengan pengguna Instagram yang berusia di bawah 18 tahun. Selain itu, Facebook terus bergerak maju dengan rencana untuk membuat Instagram untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Baca Juga : Vespa LX dan S Tampil Lebih Berjiwa Muda

Namun rencana baru ini telah ditentang oleh beberapa pihak, di antaranya jaksa agung di 44 negara bagian dan yurisdiksi serta koalisi internasional dari 35 kelompok anak-anak dan konsumen.

Seorang kritikus Facebook mengutip sebuah penelitian yang menunjukan bahwa penggunaan media sosial menyebabkan peningkatan tekanan mental, kekhawatiran tentang citra tubuh, hingga pikiran untuk bunuh diri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya