SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukoharjo akan membangun 10 tempat pembuangan sementara sampah (TPSS) di lima wilayah kecamatan.

Anggaran pembangunan TPPS sudah masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjelasan itu disampaikan Kepala UPTD Kebersihan dan Persampahan DPU Sukoharjo, Sartono, saat ditemui wartawan, Kamis (31/10/2013).

“Tahun ini kami segera bangun 10 TPSS di Kecamatan Sukoharjo, Grogol, Gatak, Baki dan Mojolaban. Masing-masing TPSS diplot dengan anggaran Rp20 juta,” katanya.

Dia menjelaskan, pembangunan TPSS untuk meningkatkan kebersihan lingkungan.

Dasarnya usulan dari masyarakat dan kajian petugas UPTD Kebersihan dan Persampahan. Saat ini baru terdapat 100 TPSS di seluruh wilayah Kota Makmur. Sartono menilai jumlah tersebut belum ideal ditinjau dari aspek kebutuhan di lapangan.

Untuk itu, pihaknya akan mengajukan lagi permintaan dana pembangunan TPSS dalam APBD 2014. Jumlahnya juga sekitar 10 unit TPSS.

“Setiap tahun akan kami upayakan penambahan TPSS. Karena anggaran kurang, penambahan TPSS secara bertahap,” imbuhnya.

Sebanyak 10 TPSS yang akan dibangun berukuran standar 4×6 meter persegi. Tapi realisasinya nanti bisa saja ukurannya menyusut, tergantung kondisi lahan.
“Bila lahannya cekungan dalam tentu dana akan tersedot untuk menguruk dan membuat fondasi,” terangnya.

Sartono berharap masyarakat bisa memanfaatkan TPSS dengan sehat. Sebab keberadaan TPSS dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk itu Sartono menyatakan komitmennya dalam pengelolaan sampah. Selain TPSS, UPTD Kebersihan dan Persampahan telah miliki 28 kontainer penampung sementara sampah. Kontainer-kontainer ini tersebar di pasar-pasar tradisional di seluruh Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya